Bikers di Inggris Galang Dana untuk Palestina

Selasa , 03 Aug 2021, 13:40 WIB Reporter :Rizky Jaramaya/ Redaktur : Esthi Maharani
Anak-anak berkumpul di samping kawah tempat rumah Ramez al-Masri dihancurkan oleh serangan udara sebelum gencatan senjata tercapai setelah perang 11 hari antara penguasa Hamas Gaza dan Israel, Minggu, 23 Mei 2021, di Beit Hanoun. , Jalur Gaza utara.
Anak-anak berkumpul di samping kawah tempat rumah Ramez al-Masri dihancurkan oleh serangan udara sebelum gencatan senjata tercapai setelah perang 11 hari antara penguasa Hamas Gaza dan Israel, Minggu, 23 Mei 2021, di Beit Hanoun. , Jalur Gaza utara.

IHRAM.CO.ID, LONDON -- Sekitar 250 pengendara sepeda melakukan penggalangan dana untuk anak-anak di Jalur Gaza melalui program Big Ride for Palestine. Ratusan pengendara sepeda itu tiba di London setelah menempuh perjalanan panjang dari Bristol, dengan membawa misi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap perjuangan Palestina.

 

Terkait

Sejumlah warga menyambut pengendara sepeda di sepanjang jalan di Swindon, Oxford dan Luton. Wali Kota setempat, anggota dewan dan pejabat serikat pekerja ikut menyambut mereka.

Perjalanan Big Ride for Palestine mengambil rute melalui perkotaan, pedesaan, dan beberapa daerah terpencil. Selama melakukan perjalanan, para pengendara sepeda membagikan selebaran yang menjelaskan tentang perjuangan Palestina untuk meraih kemerdekaan dari Israel.

Banyak warga yang menerima selebaran itu dengan senang hati. Namun ada pula yang merasa skeptis dengan perjuangan Palestina untuk merdeka. Namun hal ini tidak menghalangi para pengendara untuk menyebarkan semangat perjuangan Palestina.

Big Ride for Palestine berlangsung selama empat hari dan telah memasuki akhir perjalanan. Ketika berada di Oxford, mereka disambut oleh anggota dewan kota Jabu Nala-Hartley dan warga setempat.

"Kami tahu betul bahwa kebebasan kami tidak lengkap tanpa kebebasan orang Palestina," ujar Nala-Hartley, dilansir Middle East Monitor, Selasa (3/8).

Sementara itu London, Duta Besar Palestina Husam Zomlot menyambut para pengendara. Zomlot mengatakan, Big Ride for Palestine telah mencetak sejarah solidaritas yang panjang dan membanggakan untuk rakyat Palestina.

"Dedikasi Anda patut diteladani, menginspirasi dan memberdayakan. Kami berterima kasih kepada Anda," ujar Zomlot sembari berharap bahwa suatu hari Big Ride for Palestine bisa diselenggarakan di Palestina.

Penulis, aktor dan komedian Alexei Sayle ikut menyambut ratusan pengendara sepeda yang telah menyelesaikan misi mereka. Sayle mengatakan, perjuangan Palestina adalah salah satu pertanyaan moral terbesar di zaman ini.

"Setiap klaim superioritas moral di Barat dirusak oleh dukungan untuk Israel.  Saya menantikan untuk melihat demonstrasi pro-Palestina berikutnya. Setiap manusia yang mempunyai jiwa kemanusiaan harus mendukung Palestina," ujar Sayle.

The Big Ride for Palestine menggabungkan kecintaan bersepeda dengan dukungan untuk rakyat Palestina. Sejak 2015 Ride telah mengumpulkan lebih dari 220 ribu poundsterling atau setara dengan 306 ribu dolar AS untuk Aliansi Anak Timur Tengah. Dana tersebut digunakan untuk menyediakan fasilitas bermain dan olahraga bagi anak-anak Palestina di Jalur Gaza. Tahun ini total penggalangan dana diperkirakan akan naik di atas 300 ribu poundsterling atau 417 ribu dolar AS.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini