Jumat 27 Aug 2021 05:11 WIB

Ketika Allah Memahamkan Seseorang pada Perkara Agama

Allah akan memahamkan orang tersebut terhadap agama sehingga hidupnya terarah, terbim

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani
Amal baik karena Allah SWT (ilustrasi)
Foto: republika
Amal baik karena Allah SWT (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, Untuk bisa menjadi orang yang baik, mulia, terhormat dan sukses dan selamat hidup di dunia dan akhirat perlu pengorbanan. Kuncinya adalah memenuhi diri dengan ilmu. Untuk memperoleh ilmu itu perlu pengorbanan. Mulai dari melawan diri sendiri dari rasa malas menuntut ilmu, merelakan harta untuk memperoleh ilmu, mengeluarkan tenaga menuju tempat ilmu, dan sabar serta istiqomah melalui hari-hari dalam menuntut ilmu.

Sejatinya orang yang mampu melalui itu semua, maka Allah akan memahamkan orang tersebut terhadap agama sehingga hidupnya terarah, terbimbing. Maka orang-orang yang seperti itulah yang dikehendaki Allah menjadi orang yang baik, yang mulia, dan sukses serta selamat hidup di dunia dan akhirat.

Sebagaimana dalam kitab At Targib Wat Tarhib menuliskan sebuah hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Imam Muslim:

قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ يُرِدِاللَّهُ بِهِ خَيْرًايُفَقِّهْهُ فِى الدِّيْنَ

Nabi Muahmmad SAW bersabda: Barang siapa dikehendaki Allah kebaikan padanya, maka Allah memahamkan orang tersebut dalam agamanya.  

Maka orang-orang yang telah diberikan bimbingan, petunjuk sehingga diberikan kepahaman akan agama tidak akan gegabah dalam mengambil sebuah tindakan. Semua ucapan dan tindakannya berdasarkan ilmu sesuai tuntunan agama. Sehingga ia tak akan terjebak pada seruan-seruan kebatilan yang dapat menimbulkan kemudharatan dan menjerumuskan pada kebinasaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement