Ahad 05 Sep 2021 04:41 WIB

Seni Menentukan Arah Kiblat

Mengetahui arah kiblat sangat penting bagi umat Islam.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Esthi Maharani
Ka
Foto: Anadolu Agency
Ka

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Mengetahui arah kiblat sangat penting bagi umat Islam. Sebab, menghadap kiblat merupakan salah satu syarat sah sholat. Ka'bah di Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi, menjadi acuan arah ketika umat Islam melakukan ibadah sholat.

Ketika sebuah masjid dapat dengan mudah ditemukan di negara asal masing-masing, mungkin arah kiblat tidak menjadi masalah bagi Muslim karena petunjuk kiblat sudah diidentifikasi di dalam masjid. Namun, jika tengah berada di alam bebas, dalam perjalanan atau tempat di mana tidak ada petunjuk arah kiblat, sulit untuk mengetahui arah kiblat yang tepat.

Dalam posisi demikian, mengetahui bagaimana mencari kiblat akan menjadi keterampilan yang bermanfaat. Pengamatan yang tepat, serta kemampuan luar biasa mendapatkan solusi baru untuk menemukan kiblat, mungkin yang membuat ilmuwan Muslim menonjol di Abad Pertengahan. Tidak mengejutkan bagi mereka untuk menentukan kiblat ketika memulai perjalanan yang sulit.

Dalam artikel di laman About Islam, dilansir Sabtu (4/9), Abdul-Lateef Balogun menuliskan bahwa Muslim di abad pertengahan bisa menemukan cara untuk menentukan arah kiblat di Makkah setiap saat dengan menggunakan trigonometri tingkat lanjut.

Dengan itu, mereka akhirnya menemukan tabel kiblat abad pertengahan, yang memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Namun, kecanggihan tabel ini, yang bahkan tidak dapat dipahami sepenuhnya oleh ahli geografi Eropa saat itu, membatasi penggunaanya.

Instrumen populer lainnya yang digunakan untuk menentukan kiblat kemudian menjadi Astrolabe. Awalnya, Astrolabe digunakan oleh astronom, navigator, dan astrolog pada era klasik. Pada era Islam abad pertengahan, astrolab terutama digunakan untuk mempelajari astronomi, navigasi, survei, penentu waktu sholat, dan menentukan arah kiblat.

Dengan menambahkan tabel khusus ke tabel yang sudah ada di belakang astrolabe konvensional, hal itu memiliki fungsi tambahan untuk menemukan arah ke Makkah dan hasilnya kiblat. Seiring penyebaran Islam yang cepat, muncul permintaan akan instrumen yang lebih akurat dan lebih mudah untuk menentukan arah kiblat.

Cara dan alat yang lebih mudah untuk mencari kiblat diperlukan guna memenuhi kebutuhan populasi Muslim yang berkembang dan telah menyebar jauh di luar Jazirah Arab. Pada abad ke-13 Masehi, pengenalan kompas ke dunia Islam merevolusi seluruh proses pencarian kiblat.

Seiring kemajuan lebih lanjut, kompas digunakan bersama dengan indikator kiblat lainnya seperti Jam Matahari dan indikator Kiblat Persia, yang semuanya cukup terkenal selama abad ke-18. Pada akhir abad ke-20, alat berbasis kompas dibuat untuk membantu umat Islam menemukan kiblat dengan cepat.

Sebuah kompas yang ditandai dan diberi kode khusus untuk kota-kota besar di seluruh dunia dan dengan gambar Ka'bah di dalam dialnya pernah menjadi populer di masanya. Kompas serupa yang menempel di sajadah portabel juga menjadi umum dijual di seluruh dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement