Rabu 06 Oct 2021 17:00 WIB

Aktivitas Tidur yang Diungkap Alquran

Dalam Alquran dijelaskan aktivitas tidur manusia.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Agung Sasongko
Tertidur (ilustrasi)
Foto: Republika
Tertidur (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Dalam surat Ar Rum ayat 23 dijelaskan secara lengkap aktivitas tidur manusia.

 

Baca Juga

"Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah tidurmu pada waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karuniaNya. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tandatanda bagi kaum yang mendengarkan.

Abdullah Yusuf Ali  dalam buku Kesehatan Dalam Persepektif Alquraan karya Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an Badan Litbang Dan Diklat Departemen Agama RI Tahun 2009, memberi komentar ayat di atas sebagai  berikut:

 

"Jika kita renungkan dalam-dalam, tidur dan mimpi, kesegaran yang kita peroleh dan tidur sampai waktu berjaga,  begitu juga dari berjaga sampai waktu tidur, yang juga keadaan pikiran, perasaan, dan bawah sadar kita dalam suasana demikian,  semua itu sungguh menakjubkan dan penuh rahasia-rahasia ilahi."

"Biasanya tidur malam hari dan melaksanakan tugas pekerjaan mencari rezeki di siang hari. Tetapi tidur dan rehat mungkin diperlukan siang hari, dan kita bekerja waktu malam." 

"Pekerjaan kita mencari nafkah yang berjalan tanpa kita sadari, barangkali merupakan peralihan ke suatu pekerjaan, pikiran atau pengabdian kita kepada sesuatu yang lebih luhur bersifat rohaniah. Semua proses ini mengisyaratkan adanya latar belakang tentang sesuatu hanya samar-samar saja kita ketahui, padahal sejatinya semua itu adalah mukjizat dan tanda-tanda kemahakuasaan Allah subhanahu wa ta‘ala, seperti mukjizat lainnya.”

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement