Bukit Semugang di Perbatasan Indonesia-Malaysia Jadi Favorit Wisatawan

Sabtu , 11 Jun 2022, 22:45 WIB Redaktur : Agung Sasongko
ilustrasi siluet ilalang bukit dan sunrise
ilustrasi siluet ilalang bukit dan sunrise

IHRAM.CO.ID, JAKARTA --Bupati Kapuas Hulu Kalimantan Barat Fransiskus Diaan menyatakan Taman Wisata Alam Bukit Semugang Kecamatan Badau di daerah perbatasan Indonesia-Malaysia, wilayah Kapuas Hulu salah satu ikon Kapuas Hulu yang bisa menarik wisatawan mancanegara.

 

Terkait

"Wisata Bukit Semugang sangat strategis berada di perbatasan dan bisa menjadi wisata andalan serta ikon Kapuas Hulu," kata Fransiskus Diaan, saat meresmikan Wisata Bukit Semugang Badau, Kapuas Hulu, Sabtu (11/6/2022).

Baca Juga

Disampaikan Fransiskus, lokasi Bukit Semugang sangat strategis karena berada di perbatasan Indonesia-Malaysia, tentunya sangat berpotensi untuk menarik minat wisatawan mancanegara.Dia mengatakan Wisata Bukit Semugang saat ini sudah memiliki aneka permainan dan banyak dikunjungi wisatawan di Kapuas Hulu.

"Tinggal ke depannya perlu terus dipromosikan, agar menarik wisatawan mancanegara, karena potensi wisata Kapuas Hulu juga tidak kalah oleh negara tetangga," ucap dia.Selain itu, Fransiskus juga berharap dengan adanya Wisata Bukit Semugang dapat menambah pendapatan asli daerah Kapuas Hulu.

"Saya pribadi dan atas nama Pemkab Kapuas Hulu sangat mengapresiasi kepada pemilik Wisata Bukit Semugang, terus berkarya untuk wisata Kapuas Hulu," pintanya.

Sementara itu, Pemilik Taman Wisata Alam Bukit Semugang Badau Henny Sudayat menjelaskan wisata tersebut seluas 26,4 hektare digarap sejak Tahun 2018 dan saat ini pembangunannya baru mencapai 50 persen.

Meskipun demikian, di Wisata Alam Bukit Semugang sudah dilengkapi beberapa aneka permainan seperti sepeda udara, waterboom, sky, motor roda empat, bebek engkol, kolam renang, sirkuit motorcross dan aneka permainan lainnya

Dia menyampaikan ada juga monumen garuda, ikan arwana dan juga keris, bahkan sudah ditanami juga 1.000 pohon berbagai jenis buah.Tidak hanya itu ke depannya juga akan dibangun resort ciri khas berbagai suku yang ada di Indonesia, sehingga di Wisata Bukit Semugang nantinya tergambarkan nusantara.

"Saya ingin berkarya untuk Indonesia tercinta ini, agar wajah Indonesia di perbatasan terangkat dan berkembang dan kita tidak kalah maju serta menarik dari negara tetangga," ujarnya.

Henny Sudayat juga berkomitmen untuk berkontribusi menyumbangkan pendapatan untuk pendapatan daerah Kapuas Hulu."Saya siap berkontribusi untuk menyumbangkan pendapatan asli daerah dan mendukung Kapuas Hulu Hebat," tegas Henny Sudayat.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini