Miqat Jamaah Indonesia di Bir Ali

Senin , 13 Jun 2022, 09:43 WIB Reporter :Achmad Syalaby Ichsan / Jurnalis : Fian Firatmaja
Jamaah haji Indonesia bersiap menuju Bir Ali untuk mengambil miqat, Ahad (12/6). Mereka akan menunaikan ibadah umrah di Masjidil Haram, Makkah.
Foto : Dok. MCH

IHRAM.CO.ID, MADINAH — Jamaah haji gelombang pertama yang telah selesai menunaikan ibadah Sholat Arbain di Masjid Nabawi Madinah akhirnya diberangkatkan menuju Makkah. Sekitar 700 jamaah dari Kloter Solo (SOC) 1 dan Jakarta Pondok Gede (JKG) 1 menumpang 18 Bus untuk mengambil miqat di Bir Ali. 

 

Terkait

Para jamaah bertolak dari pemondokannya menuju bus setelah menyiapkan barang masing-masing. Mereka pun telah mengenakan kain ihram sebelum berangkat di Bir Ali. Seorang jamaah asal Jakarta Selatan, Ahmad Yani, mengaku bahagia bisa berangkat ke Makkah. Dia berharap bisa beribadah dengan nyaman selama di Masjidil Haram.

Perjalanan para jamaah ke Makkah memakan waktu sekitar enam jam. Selama perjalanan, jamaah bertalbiyah sambil mengucap doa. Beruntung, bus-bus yang mengantar jamaah dalam kondisi prima. Bus-bus itu bahkan dilengkapi sistem GPS sehingga pergerakannya bisa terpantau

Sesampainya di bir Ali, para jamaah turun dari bus. Mereka kemudian diarahkan menuju ke kamar mandi untuk berwudhu. Setelah itu, mereka akan sholat sunah dua rakaat kemudian niat untuk berihram. Para petugas memastikan agar jamaah bisa memanfaatkan waktu dengan baik. Mereka pun memantau agar jangan sampai ada jamaah yang tertinggal.

Sesampainya di Makkah, jamaah disambut dengan lantunan shalawat. Mereka pun diarahkan ke pemondokan yang terletak di Hotel Kiswah untuk istirahat sebelum melaksanakan ibadah umrah. 

 

 

 

 

Videografer | Achmad Syalaby Ichsan

Video Editor | Fian Firatmaja

 

BERITA LAINNYA