Menjelang Haji, Saudi Luncurkan Layanan Medis Virutal Holodokter

Jumat , 01 Jul 2022, 21:56 WIB Reporter :Alkhaledi Kurnialam/ Redaktur : Muhammad Hafil
 Menjelang Haji, Saudi Luncurkan Layanan Medis Virutal Holodokter. Foto;  Haji / ka
Menjelang Haji, Saudi Luncurkan Layanan Medis Virutal Holodokter. Foto; Haji / ka

IHRAM.CO.ID,MAKKAH–Beberapa hari jelang ibadah haji, Arab Saudi mengaku telah menyiapkan berbagai layanan baru untuk para jamaah. Salah satu yang terbaru adalah layanan “holodokter” yang memungkinkan praktisi medis merawat jemaah haji secara virtual.

 

Terkait

Layanan ini mencakup inspeksi, diagnosis, dan pemberian obat-obatan melalui kontak langsung dengan Rumah Sakit Virtual Seha pertama Kerajaan di Riyadh. Inovasi baru ini dijelaskan langsung Menteri Kesehatan Saudi Fahad Al-Jalajel. 

Baca Juga

Dilansir dari About Islam, Kamis (30/6/2022), upaya baru ini diluncurkan dalam kemitraan dengan Saudi Telecommunications Co. Rumah Sakit Virtual Seha akan menyediakan akses 24 jam untuk rontgen.

Layanan tersebut juga dapat menangani stroke dan situasi medis serius lainnya, memungkinkan dokter untuk berkomunikasi langsung dengan pasien dan memeriksa semua biomarker.

299 ribu peziarah sudah sampai Saudi

Otoritas Saudi juga menjelaskan bahwa sebanyak 299.911 peziarah telah tiba dari seluruh dunia ke Saudi. Statistik yang dibagikan oleh Kementerian Haji dan Umrah menunjukkan bahwa 241.859 jemaah telah tiba melalui Bandara Internasional Pangeran Mohammed bin Abdulaziz di Madinah.  Pusat imigrasi darat juga menerima 45.824 jemaah haji yang tiba di kota melalui jalur lintas batas.

Muslim dari seluruh dunia membanjiri Mekah setiap tahun untuk melakukan haji, salah satu dari lima rukun Islam. Menurut Kalender Islam, haji dimulai pada tanggal 8 Dzulhijjah dan berakhir pada hari ketiga belas bulan yang sama. Tujuan utama dari haji adalah untuk memperkuat iman seseorang dan menyucikan dia dari dosa-dosa. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini