Kamis 07 Jul 2022 13:45 WIB

Kunjungi Birmingham, Delegasi Perpustakaan UEA Melihat Manuskrip Alquran 

UEA sejumlah koleksi manuskrip Arab di Birmingham.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
 Manuskrip alquran yang ditemukan di Universitas Birmingham Inggris, yang diklaim sebagai yang tertua di dunia.  (AP/Frank Augstein)
Manuskrip alquran yang ditemukan di Universitas Birmingham Inggris, yang diklaim sebagai yang tertua di dunia. (AP/Frank Augstein)

IHRAM.CO.ID, DUBAI — Delegasi Perpustakaan dan Arsip Nasional Uni Emirat Arab (NLA UEA) mengunjungi sejumlah perpustakaan di Inggris. Kunjungan tersebut bertujuan untuk memperoleh wawasan mengenai perpustakaan-perpustakaan terkemuka di Inggris dan kegiatannya. Kunjungan tersebut dipimpin oleh pejabat direktur jenderal Perpustakaan dan Arsip Nasional UEA, Abdulla Majid Al Ali. 

Para delegasi NLA UEA mengunjungi Perpustakaan Penelitian Cadbury dan melihat sejumlah koleksi manuskrip Arab Mingana yang unik serta manuskrip Alquran Birmingham yang terkenal di dunia. Selain otu para delegasi juga mengunjungi Perpustakaan Birmingham yang ikonik di Dewan Kota Birmingham, di mana mereka bertemu Profesor Ewan Fernie dari Universitas Shakespeare. Perpustakaan Birmingham adalah rumah bagi arsip kota yang luas tentang materi regional, nasional, dan terkait Shakespeare. 

Baca Juga

“Arsip dan Perpustakaan Nasional bercita-cita untuk mendirikan perpustakaan nasional Emirat yang akan menjadi referensi nasional dan pusat budaya dan informasi yang melestarikan warisan UEA dan menyoroti perkembangan ilmiah dan beradabnya, mirip dengan perpustakaan global utama. yang menetaskan warisan manusia. Di dalamnya, salah satu prioritas kami adalah mengunjungi perpustakaan-perpustakaan besar di Inggris karena kedudukan global mereka," kata Majid Al Ali seperti dilansir Gulf News pada Kamis (7/7/2022).

Kedatangan para delegasi NLA UEA disambut dengan hangat wakol rektor Universitas Birmingham, Adam Tickell. 

“Kami memiliki banyak keahlian di Universitas Birmingham dalam menyediakan fasilitas yang mendukung dan memperluas berbagi pengetahuan. Saya senang menyambut tamu-tamu terhormat kami dari Perpustakaan dan Arsip Nasional UEA, sehingga kami dapat mendukung visi UEA untuk mengembangkan perpustakaan dan arsipnya serta aset dan kegiatan budaya lainnya," katanya.

Perpustakaan Universitas Birmingham adalah salah satu perpustakaan akademik terbesar di Inggris dengan koleksi penelitian yang luar biasa dari 2,7 juta buku dan majalah ilmiah, lebih dari 16.000 sumber elektronik dan lebih dari 4,7 juta manuskrip.

“Saya senang memandu tamu-tamu terhormat kami di sekitar Perpustakaan Utama universitas dan Perpustakaan Penelitian Cadbury, yang merupakan rumah bagi koleksi khusus kami. Perpustakaan universitas adalah sumber akademis dan penelitian yang penting di Inggris," kata Direktur Layanan Perpustakaan, Diane Job.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement