Sabtu 23 Jul 2022 19:29 WIB

Petugas PPIH Bagi-Bagi Makanan untuk Jamaah Masjid Nabawi

Fokus pemberian makanan untuk penduduk setempat dan jamaah haji dari negara lain

Petugas PPIH Bagi-Bagi Makanan
Foto: Dok PPIH
Petugas PPIH Bagi-Bagi Makanan

IHRAM.CO.ID, MADINAH — Para petugas PPIH Arab Saudi Sektor 2 membagikan makanan untuk jamaah yang beribadah di Masjid Nabawi. Kepala Sektor 2 Affan Rangkuti mengungkapkan, pembagian makanan ini untuk mendekatkan diri dengan penduduk setempat dan jamaah dari berbagai negara. 

Affan menjelaskan, fokus pembagian makanan ini justru untuk penduduk setempat dan jamaah haji dari negara lain. “Ide spontan saja saat kita pertama kali sampai ke Madinah, ternyata di Madinah dan Makkah banyak warga yang suka bagikan makanan,”ujar Affan di Madinah, Sabtu (23/7). 

Pembagian makanan dilakukan setiap Jumat. Menurut Affan, siapapun boleh berpartisipasi dalam aksi bersama ini. Siapa yang memiliki dana lebih, ujar dia, bisa memberikan rezekinya secara sukarela.  Menurut dia, uang akan dikumpulkan setiap kamis. Pada Jumat, makanan dibagikan kepada jamaah yang berada di sekitar Masjid Nabawi.  

Dia menjelaskan, banyak paket yang diberikan setiap Jumat terus bertambah. Jika pada pertama mereka bisa membagikan 30 paket makanan, pekan lalu ada 300 paket yang dibagikan.  Isi paket makanan berbeda setiap pekan. Meski demikian, dia menjelaskan, sejauh ini mereka beradaptasi dengan menu yang biasa dibagikan penduduk setempat. Contohnya saja, roti samoli, keju, jus buah, kue manis, bolu, kue kurma, hingga kacang. Terkadang, petugas juga menyelipkan buah-buahan. 

 

“Ini jadi satu paketan yang kita bagikan ke penduduk setempat atau jamaah haji negara tersebut. Kadang kalau ada kelebihan uang kita selipkan air mineral tergantung dari uang yang terkumpul,”jelas dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement