Jumat 16 Dec 2022 14:35 WIB

Jelang Nataru, Penumpang di Bandara Juanda Mulai Meningkat

Belum ada permintaan penambahan penerbangan dari maskapai.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Muhammad Hafil
 Jelang Nataru, Penumpang di Bandara Juanda Mulai Meningkat. Foto:  Sejumlah pesawat udara terparkir di apron Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (8/11/2022). Bandar udara internasional Juanda menyiapkan berbagai dukungan berupa penyediaan infrastruktur 17 parking stand untuk penempatan parkir pesawat kepresidenan dan penambahan jam operasional bandara menjadi 24 jam serta sumber daya manusia.
Foto: ANTARA FOTO/Umarul Faruq
Jelang Nataru, Penumpang di Bandara Juanda Mulai Meningkat. Foto: Sejumlah pesawat udara terparkir di apron Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (8/11/2022). Bandar udara internasional Juanda menyiapkan berbagai dukungan berupa penyediaan infrastruktur 17 parking stand untuk penempatan parkir pesawat kepresidenan dan penambahan jam operasional bandara menjadi 24 jam serta sumber daya manusia.

IHRAM.CO.ID,SIDOARJO -- General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, Sisyani Jaffar mengungkapkan mulai terjadinya peningkatan penumpang menjelang periode peak season natal dan tahun baru (Nataru). Bahkan, kata dia, peningkatan mulai terjadi sejak pekan kedua Desember 2022. Rata-rata mencapai 33 ribu penumpang per hari, atau meningkat 5 persen jika dibandingkan pekan kedua November 2022.

"Pada Minggu kedua November 2022 jumlah rata-rata penumpang hanya 31 ribu per harinya," ujarnya, Kamis (15/12/2022).

Baca Juga

Sisyani memprediksi, tren kenaikan jumlah penumpang masih akan berlangsung mendekati hari libur natal. Ia menjelaskan, untuk Posko pelayanan Nataru akan dimulai pada 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023. Selama periode tersebut diprediksi akan ada peningkatan jumlah penumpang sebesar 35 persen dengan asumsi tidak ada regulasi yang membatasi mobilitas pelaku perjalanan.

Ia menambahkan hingga saat ini belum ada permintaan penambahan penerbangan atau ekstra flight dari maskapai. Saat ini secara rata-rata ada 238 pergerakan pesawat per hari di Bandara Juanda. Belum menunjukkan peningkatan frekuensi jika dibanding November 2022.

 

"Koordinasi intens terkait rencana pengajuan ekstra flight terus dijalankan," ujarnya.

Sisyani menambahkan, untuk saat ini belum ada permintaan penambahan penerbangan dari maskapai yang sudah beroperasi. Namun, per 16 Desember 2022 rencananya akan ada pembukaan rute baru menuju Jakarta dari maskapai Pelita Air yang beroperasi perdana di Juanda pada penerbangan berjadwal.

"Momen ini tentu menarik karena pembukaan rute baru tersebut dilaksanakan menjelang peak season dimana demand untuk bepergian meningkat. Semoga kehadirannya dapat menambah pilihan penerbangan bagi para pengguna jasa," kata Sisyani.

 

 

 

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement