Ahad 07 May 2023 18:57 WIB

Kemenag Batam Pastikan Pelayanan untuk Jamaah Haji Jadi Prioritas

Kemenag Batam perbanyak kursi roda untuk melayani jamaah haji lansia.

Ilustrasi jamaah melaksanakan haji.
Foto: Republika/Prayogi
Ilustrasi jamaah melaksanakan haji.

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, memastikan pelayanan untuk calon jamaah haji menjadi prioritas.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kota Batam, Syahbudi mengatakan, calon jamaah haji lansia mendapatkan layanan prioritas sesuai dengan tema haji tahun ini, yaitu "Ramah Lansia".

Baca Juga

"Petugas haji sudah dilatih untuk mendampingi lansia yang akan menjalankan ibadah haji," kata Syahbudi saat dihubungi di Batam, Ahad (7/5/2023).

Ia menyampaikan bahwa khusus dalam pelayanan jamaah lansia yang menjadi jamaah prioritas itu pihaknya sudah menyediakan kursi roda untuk menjemput dan mengantar jamaah selama berada di asrama.

 

"Kemudian kamar lansia sudah pasti di lantai bawah, lantai satu, kursi dorong sudah pasti disiapkan," ujar dia.

Lebih lanjut, kata Syahbudi, sebanyak 31 lansia di Kota Batam dipastikan berangkat pada musim haji 2023 dengan usia tertua 93 tahun.

"Lansia yang diprioritaskan dalam keberangkatan haji 2023 pada usia 78 tahun hingga 93 tahun," kata dia.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau menyebutkan 90 persen atau 574 calon jamaah haji sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih).

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kota Batam, Syahbudi mengatakan, kuota haji di daerah setempat pada tahun 2023 sebanyak 636 orang.

"Yang sudah melunasi 574 orang, kemudian hak pelunasan ada 684 orang, dan ada 110 orang tidak melunasi," kata Syahbudi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement