Sabtu 13 May 2023 16:00 WIB

2.000 Karpet Masjidil Haram Makkah Dicuci Setiap Pekan

2.000 Karpet Masjidil Haram Makkah Dicuci Setiap pekan.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
2.000 Karpet Masjidil Haram Makkah Dicuci Setiap Pekan
Foto: Arab News
2.000 Karpet Masjidil Haram Makkah Dicuci Setiap Pekan

REPUBLIKA.CO.ID,MAKKAH -- Masjidil Haram di Makkah, selaku salah satu situs paling suci Islam, memiliki 35.000 karpet. Puluhan ribu karpet ini harus dibersihkan dan diberi wewangian secara rutin.

Faktanya, 2.000 karpet dibersihkan dan diberi wewangian setiap minggu oleh departemen khusus, yang didirikan di Kudai.

Baca Juga

Untuk diketahui, jutaan Muslim memadati Masjidil Haram setiap tahunnya terutama selama Ramadhan dan haji, yang mana membuat karpet itu diinjak banyak kaki. Sehingga, kebutuhan untuk memastikan karpet tetap bersih sangat penting.

"Karpet di Masjidil Haram sangat mewah, lebih dari 35.000 karpet diletakkan sehingga jamaah melakukan shalat dengan penuh hormat dan ketenangan,” ucap asisten direktur jenderal urusan pelayanan di Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci, Jaber Ahmed Al-Wada'ani, dikutip di Arab News, Sabtu (13/5/2023).

Menurutnya, karpet-karpet berwarna hijau ini memiliki dampak yang positif bagi jiwa para peziarah.

Al-Wada’ani mengatakan, departemen pembersih karpet memiliki peralatan berteknologi tinggi terbaru untuk membersihkan, mencuci dan menjaga kualitas karpet.

“Sebuah tim spesialis mengawasi operasi ini, untuk memastikan implementasinya sesuai dengan prinsip teknis yang ditetapkan, serta untuk memastikan mereka bebas dari cacat apapun dengan menggunakan teknologi terbaru,” lanjut dia.

Tahap pertama pembersihan karpet dimulai dengan penghilangan kotoran dan debu secara otomatis, menggunakan teknologi berkualitas tinggi.

Tahap kedua adalah mencuci dan mensanitasi karpet secara otomatis dengan disinfektan, air dan detergen khusus. Setelah selesai, petugas akan membilasnya dengan air.

Untuk tahap ketiga, karpet ditempatkan ke dalam tabung khusus untuk membuang kelebihan air. Tahap keempat dan terakhir adalah karpet ditata untuk mendapatkan sinar matahari dan udara segar, dengan kipas angin untuk mempercepat proses pengeringan.

Karpet kemudian disapu dengan sapu modern khusus, dibersihkan dan diberi pengharum dengan air mawar Taif yang terkenal di Kerajaan. Kemudian mereka dikirim untuk pengemasan dan penyimpanan.

Al-Wada'ani juga menyebut karpet-karpet ini adalah karpet mewah Saudi, yang dibuat khusus untuk Dua Masjid Suci. Keutamaannya ada pada benang lembutnya, tumpukan yang lebih tebal, serta kualitas sedemikian rupa yang membuatnya tidak terpengaruh oleh pencucian berulang kali.

Karpet sepanjang 240 meter dicuci per jam dan kemudian disimpan di gudang khusus untuk diamankan. Gudang tersebut mampu menyimpan 26.000 karpet yang siap diangkut ke Masjidil Haram.

Ia juga mengatakan bagian pembersih karpet memiliki laboratorium yang dilengkapi dengan mesin-mesin terbaru, untuk mengawetkan karpet dari kerusakan.  Untuk keperluan mencuci yang mendesak, Masjidil Haram memiliki mesin untuk kebutuhan tersebut.

"Tim khusus juga menyapu, membersihkan dan mensterilkan karpet sepanjang waktu, serta mengatur arah mereka menuju kiblat,” kata Al-Wada’ani.  

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2302131/saudi-arabia

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement