Senin 22 May 2023 16:00 WIB

Tiba di Tanah Suci, Calon Jamaah Haji Bakal Disambut Cuaca Panas

Suhu saat ini di Madinah masih di bawah 40 derajat Celsius.

Rep: Agung Sasongko/ Red: Ani Nursalikah
Suasana Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. Tiba di Tanah Suci, Calon Jamaah Haji Bakal Disambut Cuaca Panas
Foto: Republika
Suasana Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. Tiba di Tanah Suci, Calon Jamaah Haji Bakal Disambut Cuaca Panas

REPUBLIKA.CO.ID, Laporan Jurnalis Republika.co.id Agung Sasongko dari Madinah

MADINAH -- Cuaca panas di Tanah Suci dinilai perlu menjadi perhatian para jamaah haji setibanya di Tanah Suci. Sekretaris Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Madinah Abdillah mengatakan suhu saat ini di Madinah masih di bawah 40 derajat Celsius. Sepintas tidak jauh beda dengan di Indonesia.

Baca Juga

"Panasnya tidak langsung menyengat, tapi lama-lama terasa di kulit. Harus rajin pakai sunblock," ujar Abdillah saat memberi arahan dalam apel pagi petugas haji Daker Bandara dan Daker Madinah di Kantor Daker, Senin (22/5/2023).

Suhu panas tidak hanya akan membuat kulit gosong, tetapi juga menyebabkan dehidrasi. Karenanya ada hal-hal yang perlu diperhatikan jamaah.

1. Membawa botol minum saat beraktivitas di Masjid Nabawi atau lokasi lainnya. PPIH menyarankan agar rutin mengonsumsi air setiap setengah jam

2. Membawa semprotan air untuk sesekali disemprotkan ke wajah.

3. Udara di Arab Saudi, termasuk di Madinah, memiliki kelembaban rendah. Kulit dan bibir mudah kering. Bila dibiarkan, dapat menimbulkan gatal-gatal dan bibir pecah-pecah.

4. Jamaah disarankan berbekal lipbalm atau pelembab bibir dan losion tubuh ber-SPF.

Rombongan pertama jamaah haji Indonesia dijadwalkan akan diberangkatkan pada Rabu, 24 Mei 2023, pukul 00.30 WIB. Mereka yang antara lain berangkat dari embarkasi Bandara Soekarno Hatta akan tiba di Bandara Prince Mohammad bin Abdul Azis Madinah pukul 06.20 waktu setempat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement