Rabu 24 May 2023 16:32 WIB

Menhub Pastikan Layanan Penerbangan Haji 2023 Berjalan Lancar

Sebanyak 13 bandara embarkasi haji yang dipersiapkan untuk angkutan haji 2023.

Rombongan jamaah haji Indonesia kloter 1 Jakarta-Pondok Gede (JKG) telah tiba di Madinah, Arab Saudi melalui Bandara Amir Mohammad bin Abdul Aziz, Rabu (24/5/2023). Jamaah yang tiba berjumlah 393 orang, di mana 181orang diantaranya merupakan jamaah lansia. Menhub Pastikan Layanan Penerbangan Haji 2023 Berjalan Lancar
Foto: Republika/Agung Sasongko
Rombongan jamaah haji Indonesia kloter 1 Jakarta-Pondok Gede (JKG) telah tiba di Madinah, Arab Saudi melalui Bandara Amir Mohammad bin Abdul Aziz, Rabu (24/5/2023). Jamaah yang tiba berjumlah 393 orang, di mana 181orang diantaranya merupakan jamaah lansia. Menhub Pastikan Layanan Penerbangan Haji 2023 Berjalan Lancar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meninjau keberangkatan jamaah haji di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten memastikan layanan penerbangan haji 2023 berjalan dengan selamat, aman, nyaman, dan lancar

Dalam tinjauannya, Menhub juga menyapa dan memberikan semangat kepada jamaah dari embarkasi Jakarta-Bekasi yang dijadwalkan berangkat pada pukul 08.15 WIB melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Baca Juga

"Ibadah haji adalah panggilan Allah SWT karena tidak semua orang bisa menunaikan ibadah ini. Kepada jamaah yang berangkat, tetap semangat menjalankan ibadah dan semoga sehat selalu," kata Menhub, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (24/5/2023).

Terkait pelaksanaan kegiatan Angkutan Udara Haji Tahun 2023, ia juga memastikan kesiapan pesawat, fasilitas sarana prasarana bandara, hingga personel yang bertugas dapat memberikan keamanan, keselamatan, dan pelayanan maksimal bagi jamaah.

"Bagi jamaah haji lansia, kami juga berkoordinasi dengan Kementerian Agama menyiapkan layanan ramah lansia sehingga para lansia lebih mudah mengakses fasilitas yang ada di bandara," ujarnya.

Ada sebanyak 13 bandara embarkasi haji yang dipersiapkan untuk angkutan haji 2023, termasuk Bandara Kertajatidi Jawa Barat yang pada tahun ini perdana melayani embarkasi dan debarkasi haji.

Tiga belas bandara tersebut, yakni Bandara Sultan Iskandar Muda (BTJ/Banda Aceh), Bandara Kualanamu (KNO/Medan), Bandara Minangkabau (PDG/Padang), Bandara Hang Nadim (BTH/Batam), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (PLM/Palembang), Bandara Soekarno-Hatta (CKG/Cengkareng).

Kemudian, Bandara Adi Sumarmo (SOC/Solo), Bandara Juanda (SUB/Surabaya), Bandara Syamsudin Noor (BDJ/Banjarmasin), Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (BPN/Balikpapan), Bandara Sultan Hasanuddin (UPG/Makassar), Bandara Lombok (LOP/Praya), dan Bandara Kertajati (KJT/Majalengka).

Selain itu, disiapkan pula enam bandara embarkasi haji antara, yaitu Bandara Sultan Thaha Saifuddin (Jambi), Bandara Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Bandara Fatmawati Soekarno (Bengkulu), Bandara Depati Amir (Bangka Belitung), Bandara Radin Inten II (Lampung), dan Bandara Djalaluddin (Gorontalo).

Sebelumnya, Arab Saudi dan Indonesia menyepakati kuota haji 2023 sebanyak 221.000 orang. Kuota itu terdiri atas 203.320 jamaah haji reguler dan 17.680 jamaah haji khusus. Jamaah haji dibagi menjadi 537 kloter dan diberangkatkan oleh dua maskapai, yaitu Garuda Indonesia yang akan melayani 287 kloter dan Saudi Arabian Airlines yang melayani 250 kloter.

Pemberangkatan penerbangan jamaah gelombang I ke Madinah dimulai pada 24 Mei sampai dengan 7 Juni 2023. Selanjutnya, gelombang II ke Jeddah akan berangkat pada 8 hingga 21 Juni 2023.

Untuk kepulangan gelombang I dari Jeddah pada 4 sampai 18 Juli 2023 dan gelombang II dari Madinah pada 19 Juli sampai 2 Agustus 2023.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement