Jumat 26 May 2023 03:34 WIB

Jangan Sampai Alami Gangguan Ingatan Saat Berhaji, Begini Cara Mencegahnya

Kasus jamaah alami gangguan ingatan kerap terjadi selama perjalanan haji.

Suasana kedatangan jamaah haji Indonesia kloter 2 Embarkasi Medan di Hotel Arjwan Al Diyafah , Madinah Kamis (25/5/2023). Jamaah calon haji perlu melakukan langkah pencegahan agar tidak hilang ingatan selama di Tanah Suci.
Foto:

Bantuan visual

Selama di Tanah Suci, jamaah dapat menggunakan bantuan visual untuk membantu mengingat hal penting. Caranya ialah dengan membuat catatan atau menggunakan peta, foto, serta membuat jadwal perjalanan berisi informasi penting, seperti lokasi dan urutan tempat yang akan dikunjungi.

Tidur yang cukup setiap malam

Cukup tidur dapat memperbaiki daya ingat dan konsolidasi memori. Istirahat malam juga dapat membantu pikiran dan tubuh pulih sepenuhnya.

Gunakan aplikasi

Manfaatkan aplikasi atau perangkat elektronik yang dirancang khusus untuk membantu jamaah haji mengingat informasi dan jadwal.

Dukungan dari teman dan keluarga

Dukungan dari teman dan keluarga terkait persiapan haji, pengalaman sebelumnya, dan harapan jamaah calon haji dapat membantu memperkuat memori dan memberikan dukungan emosional.

Selain itu riwayat kesehatan jamaah juga dapat membantu petugas dalam melayani duyufurrahman atau tamu Allah selama melakukan ibadah haji di Tanah Suci. Dengan begitu, menurut dr Leksmana, kasus jamaah haji Indonesia hilang karena hilang ingatan pada penyelenggaraan haji terdahulu tidak terulang kembali.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement