Jumat 26 May 2023 06:46 WIB

Cerita Jamaah Haji 119 Tahun yang Akhirnya Sampai Tanah Suci

Jamaah haji Harun berharap sampai ke tanah tempat para nabi mendakwahkan tauhid.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, saat menemui Harun, warga Pamekasan, Madura, yang tercatat sebagai jamaah haji tertua.
Foto:

Saat diajak berbincang, Harun lebih banyak tertunduk. Karena faktor usia, pendengarannya sedikit terganggu. Komunikasinya juga hanya bisa menggunakan bahasa Madura.

"Kakek Harun tidak bisa bahasa Indonesia. Ngomongnya juga agak sedikit keras agar beliau dengar," ujar Musdi, yang bahasa Indonesianya tidak terlalu lancar.

Dia bercerita keseharian Harun di rumah. Kadang ia berjualan ayam di pasar. Saat masih belum seusia sekarang, ia ke pasar menggunakan sepeda kayuh, tetapi kini berjalan kaki.

Kepalanya terus tertunduk ketika berbicara, hanya sesekali menghadap lawan bicaranya, tapi tidak lama tertunduk lagi. Di jari tengah tangan kanannya melingkar tasbih digital berwarna putih kombinasi hitam.

Harun menjadi salah seorang anggota jamaah yang bisa disebut beruntung. Pada 2017, ia memutuskan untuk mendaftar haji ke salah satu KBIH dekat desanya, dan mendapat jatah berangkat ke Tanah Suci pada 2046.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement