Ahad 28 May 2023 15:01 WIB

Kurangi Kesibukan, Jamaah Haji Harus Selalu Bugar

Jamaah haji harus kurangi kesibukan agar tubuh selalu fit dan cocok untuk badan.

Petugas memasangkan gelang identitas kepada seorang jamaah  haji.
Foto: ANTARA/Teguh Prihatna
Petugas memasangkan gelang identitas kepada seorang jamaah haji.

REPUBLIKA.CO.ID JAKARTA -- Kementerian Agama Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menyebutkan, jamaah calon haji setempat terbagi dalam enam kelompok terbang (kloter) di Embarkasi Banjarmasin pada musim haji 2023.

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Banjarmasin Zainal Muttaqin di Banjarmasin, Jumat, calon jamaah haji Kota Banjarmasin terbagi dalam kloter 7, kloter 11, kloter 12, kloter 13, kloter 15, dan kloter 17.

Baca Juga

"Hanya kloter 7 jamaah calon haji Kota Banjarmasin bergabung dengan jamaah calon haji Provinsi Kalimantan Tengah yang diberangkatkan ke Madinah, Arab Saudi," katanya.

Ia mengemukakan, jumlah calon haji Kota Banjarmasin sebanyak 576 orang.

Ia memastikan, persiapan keberangkatan jamaah haji tahun ini sudah hampir 100 persen dilakukan. "Kami sudah melakukan beberapa tahapan pelaksanaan untuk ibadah haji. Persiapan awal yang paling utama dilakukan adalah tes kebugaran dan kesehatan tubuh," ujar Zainal.

Persiapan lainnya, kata dia, para calon haji juga sudah melakukan pembuatan paspor yang didampingi oleh Kemenag Banjarmasin. Sebelum berangkat, calon jamaah haji juga sudah dilatih manasik haji yang dilaksanakan di kantor Kemenag Banjarmasin sebanyak dua kali dan kantor kecamatan di masing-masing wilayah sebanyak 8 kali.

"Itu sudah kami lakukan. Jadi, saat ini yang kami persiapan hanya dalam hal keberangkatan," ujar Zainal.

Ia mengatakan, calon jamaah haji dengan usia rentan di Banjarmasin lumayan banyak. "Terdata dari jumlah kuota itu ada sebanyak 43 orang lanjut usia (lansia) dengan usia paling tua 81 tahun," katanya. Calon jamaah haji Embarkasi Banjarmasin Kalsel untuk kloter pertama masuk asrama haji pada 28 Mei, dan diberangkatkan ke Arab Saudi pada 29 Mei 2023 melalui Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin. Kuota haji Kalsel pada keberangkatan haji tahun 2023 ini sebanyak 3.818 orang.

Embarkasi Banjarmasin akan memberangkatkan sebanyak 17 kloter jamaah calon haji dari Kalsel dan Kalimantan Tengah (Kalteng). Untuk Kalsel sebanyak 12 kloter penuh dan Kalteng sebanyak empat kloter penuh, sedangkan satu kloter gabungan Kalsel dan Kalteng.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement