Senin 29 May 2023 06:40 WIB

Sebelum Berangkat Haji, Ratusan Jamaah Ikuti Manasik Haji

Seluruh calon jamaah haji tampak antusias menyimak tahapan perjalanan.

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Calon jamaah haji tengah menjalani manasik.
Foto: Republika
Calon jamaah haji tengah menjalani manasik.

REPUBLIKA.CO.ID,  TANGERANG SELATAN -- Sebelum berangkat ke Tanah Suci, sebanyak 360 jamaah haji mengikuti bimbingan manasik haji yang digelar di Almahmudah Manasik Training Center, Tangerang Selatan, Ahad (28/5/2023). Ratusan jamaah haji tersebut tergabung dalam jamaah Jannah Firdaus Tour and Travel . 

Ratusan jamaah haji tersebut terdiri atas jamaah laki-laki dan jamaah perempuan. Sedangkan jamaah tertua berusia 85 tahun yang berasal dari Cirebon, Jawa Barat yang bernama Darwija. Adapun calon jamaah haji termuda tercatat berusia 21 tahun. 

Baca Juga

Dalam manasik ini, para jamaah diajarkan dan dipraktekkan langsung bagaimana prosesi pelaksanaan ibadah haji, mulai niat haji, tatacara memakai kain ihram, praktik tawaf, sai, tahalul, lempar jumrah, hingga selesai prosesi haji. 

CEO Global Countries, Wael Ahmed mengatakan, untuk musim haji tahun 1444 H atau 2023 ini, Jannah Firdaus Tour and Trave memberangkatkan jamaah haji sebanyak 360 jamaah.  

"Alhamdulillah tahun ini, Jannah Firdaus sudah memberangkatkan 25 ribu jamaah umrah dan saat ini jamaah haji yang berangkat sebanyak 360 jamaah. Kami akan memeberikan pelayanan terbaik untuk para seluruh para tamu Allah," ujar Wael Ahmed dalam siaran pers yang diterima Republika, Ahad (28/5/2023).

Menurut Wael, salah satu pelayanan yang diberikan Jannah Firdaus yaitu dengan memberikan bimbingan manasik dan  menyiapkan pembimbing dan dokter khusus untuk mendampingi jamaah selama berada di Tanah Suci. 

"Kita siapkan pembimbing untuk mendampingi jamaah sehingga ibadah haji jamaah berjalan lancar," ucap dia.

Sementara itu, Direktur Jannah Firdaus Rahmat Syam mengatakan, tujuan diadakannya manasik ini agar calon haji semakin maksimal dalam menunaikan rukun Islam kelima sehingga para jamaah mendapat haji mabrur dan mabrurah.

"Tujuan manasik ini agar jamaah lebih mantap menjalankan ibadah haji.  Dan yang terpenting adalah jamaah haji bisa khusyuk menjalankan ibadah agar menjadi haji yang mabrur, mulia, berkah dan melimpah," kata Rahmat Syam. 

Pada bimbingan manasik haji ini, seluruh calon jamaah haji tampak antusias menyimak tahapan perjalanan haji mulai dari Tanah Air hingga ke Tanah Suci.

Pasangan suami istri Jannah Firdaus, bernama Herman dan Desi mengaku puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Jannah Firdaus sehingga mereka melakukan repeat order setelah tahun lalu berangkat bersama Jannah Firdaus untuk melaksanakan ibadah haji. 

"Alhamdulillah tahun lalu saya berangkat bersama Jannah Firdaus. Travel ini sangat baik, lebih murah dari travel lain dan fasilitasnya bagus, sehingga tahun ini berangkat lagi bersama Jannah Firdaus," jelas Herman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement