Senin 29 May 2023 16:21 WIB

105 Anggota Polda Jateng Menjadi Tamu Allah pada Musim Haji Tahun ini 

Sebanyak 31 personel menjalankan tugas sebagai Petugas Pelayanan Ibadah Haji (PPIH).

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Fernan Rahadi
Jamaah haji  / umroh (ilustrasi)
Foto: Republika
Jamaah haji / umroh (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Sebanyak 105 personel Polri di lingkungan Polda Jawa Tengah dan polres jajaran menunaikan ibadah haji pada musim pemberangkatan tahun 1444 Hijriyah (2023) ini. Ke-105 anggota Polri Polda Jawa Tengah ini berasal dari berbagai jenjang kepangkatan, mulai dari brigadir hingga perwira menengah Polri.

"Salah satu perwira menengah yang menjadi tamu Allah pada musim haji kali ini adalah Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar,” kata Kabidhumas Polda Jawa Tengah Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, dalam keterangan kepada Republika, Senin (29/5/2023).

Data yang dihimpun Bidhumas Polda Jawa Tengah, kata Iqbal, ke-105 anggota Polri yang menjadi calon haji ini terdiri atas satu anggota berpangkat kombes dan empat anggota berpangkat AKBP.

Selanjutnya sembilan orang berpangkat Kompol, 14 orang anggota berpangkat AKP 14, delapan personel berpangkat iptu, tujuh anggota berpangkat ipda, 25 anggota berpangkat aiptu, 13 personel berpangkat aipda. "Selain itu, juga 12 anggota berpangkat bripka, 13 anggota berpangkat brigadir, satu orang briptu, dan delapan orang PNS Polri," katanya.

Iqbal menambahkan, dari total 105 personel yang berangkat ke tanah suci untuk beribadah haji tahun ini, semuanya sudah mengajukan izin ke Mabes Polri. Secara prosedural mereka telah mengajukan perizinan dengan status cuti. "Kami juga mendoakan, semoga mereka menjadi haji yang mabrur," ujar Iqbal.

Ia juga mengungkapkan, selain menunaikan ibadah haji, pada musim haji tahun ini sebanyak 31 personel Polri juga melaksanakan tugas sebagai petugas pelayanan ibadah haji (PPIH). "Berdasarkan data Mabes Polri, PPIH dari Polri pada pelaksanaan ibadah haji tahun ini secara nasional mencapai 31 personel," kata Iqbal.

Sesuai perintah Kapolri yang diterbitkan Mei 2023, mereka terdiri 12 perwira menengah, 16 perwira pertama dan tiga orang bintara. Mereka ditugaskan di bandara, Madinah dan Mekkah. Dari total personel itu, lima di antaranya tenaga medis Pusat Kedokteran Kesehatan (Pusdokkes) Polri. Selebihnya dari satuan kerja lainnya di tingkat Mabes Polri hingga Polda jajaran, seperti satker reserse dan operasional.

Para personel Polri akan bergabung sebagai PPIH yang totalnya berjumlah 4.200 orang. "Mereka juga ditugaskan untuk memberikan pelayanan optimal terutama jamaah lanjut usia yang jumlahnya sekira 64 ribu orang," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement