Selasa 30 Apr 2024 16:03 WIB

Menteri Haji Saudi Janji Selesaikan Visa Jamaah Haji Indonesia Pekan Ini

Tahun ini, 241 ribu jamaah Indonesia akan menunaikan ibadah haji.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Ani Nursalikah
Wapres RI KH Maruf Amin menerima kedatangan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah, di Istana Wakil Presiden di Jakarta, Selasa (30/4/2024).
Foto: Republiika/Febrian Fachri
Wapres RI KH Maruf Amin menerima kedatangan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah, di Istana Wakil Presiden di Jakarta, Selasa (30/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah mengatakan jumlah jamaah haji Indonesia setiap tahun sangat besar.

Tahun ini, menurut Tawfiq, ada 241 ribu jamaah haji asal Indonesia yang akan menunaikan rukun Islam ke lima tersebut. Dari jumlah itu, pemerintah Arab Saudi baru menyelesaikan pengurusan 171.000 visa calon jamaah haji (Calhaj) atau baru 70 persen.

Baca Juga

"Dan kami telah menyelesaikan 171.000 visa jamaah haji, kira-kira 70 persen dari seluruh jumlah jamaah haji Indonesia dan mudah-mudahan sisa dari jumlah itu akan selesai dalam satu pekan ke depan," kata Tawfiq, usai bertemu dengan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, di Istana Wakil Presiden di Jakarta, Selasa (30/4/2024).

Tawfiq menjelaskan dalam pertemuan dengan Wapres Ma'ruf tadi, mereka membahas tentang persiapan penyelenggaraan ibadah haji pada tahun ini. Persiapan untuk ibadah pada tahun ini, pemerintah Saudi telah lakukan secara dini yang lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Kita tahu jumlah jamaah haji Indonesia sangat besar sekali, yaitu sekitar 241 ribu jamaah haji. Dan kami telah menyelesaikan 171.000 visa jamaah haji, kira-kira 70 persen dari seluruh jumlah jamaah haji Indonesia dan mudah-mudahan sisa dari jumlah itu akan selesai dalam satu pekan ke depan," ujar Tawfiq.

Sebelumnya, Jubir Wapres Masduki Baidlowi menyebut kedatangan Menteri Haji bertemu Wakil Presiden merupakan momen yang sangat penting karena pemerintah Indonesia secara resmi juga akan menyampaikan ucapan terima kasih terhadap kebijakan Arab Saudi terutama dari Menteri Haji dan Umrah yang sudah memberikan kuota secara khusus yang jumlahnya mencapai 20.000 jamaah haji tambahan.

Selanjutnya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement