Senin 29 May 2023 20:33 WIB

Empat Keutamaan Ibadah Haji

Ibadah haji memiliki keutamaan.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Empat Keutamaan Ibadah Haji. Foto:  ilustrasi Jamaah Haji Nigeria
Foto:

Dalam hadits lain disebutkan:

عن أبي هريرة رضي الله عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: الْعُمْرَةُ إلَى الْعُمْرَةِ كَفَّارَة لِمَا بَيْنَهُمَا والحج المبرور ليس له جزاء إلا الجنة. (رواه البخاريو مسلم)

Dari Abu Hurairah r.a., bahwasannya Rasulullah bersabda, "Umroh (satu) ke umrah dainnya) itu dapat melebur terhadap dosa di antara keduanya, sedangkan huji yang mabrur itu tidak ada balasan yang pantas) untuknya kecuali surga." (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Dalam hadits lain disebutkan:

عَنْ عُمَر عن النبي صلى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: تابعوا بين الحج والعمرة فإن الْمُتَابَعَة بَيْنَهُمَا تَنْفِي الْفَقْرَ والذنوب كما ينفي الكبير تحت الحديد والذهَبِ والفضة وليس الحجة المزورة ثواب إِلَّا الحته. (رواه الترمذي والنسائي وابن ماجه)

Dari Umar r.a. dari Nabi, beliau bersabda, "Dekatkanlah kalian antara haji dan umrah (boik hall dillaai dengan umrah atau umrah diikuti dengan haji), karena sesungguhnya mendekatkan di antara keduanya itu dapat menghilangkan kefaqiran dan dosa-dosa (yang kecil-kecil) sebagaimana kir (tempat yang digunakan untuk menyalakan api) dapat menghilangkan kotoran besi, emas, dan perak. Dan tidak ada pahala (yang pantas) bagi haji mabrur kecuali surga." (HR. At-Tirmidzi, An- Nasa'i, dan Ibnu Majah)

Ketiga, Amalan Paling Utama

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, ia berkata:

> > []مثل النبي - صلى الله عليه وسلم - أي الأعمال أفضل قال «يمان بالله ورسوله». قيل ثم ماذا قال «جهاد في سبيل الله. قيل ثم ماذا قال: حج مبرور

"Nabi ditanya, "Amalan apa yang paling ofdhol?" Beliau menjawab, "Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya." Ada yang bertanya lagi, "Kemudian apa lagi?" Beliau menjawab, "Jihad di jalan Allah. Ada yang bertanya kembali, "Kemudian apa lagi?" "Haji mabrur", jawab Nabi" (HR. Bukhari)

Keempat, Dikabulkan Doanya

Dari Ibnu Umar, dari Nabi, beliau bersabda,

الغازي في سبيل الله والحاج وَالْمُعْتَمِرُ وَقدُ اللَّهِ دَعَاهُم

فأجابوة وسألوة فأعطاهم

"Orang yang berperang di jalan Allah, orang yang berhaji serta berumroh adalah tamu- tamu Allah. Allah memanggil mereka, mereka pun memenuhi panggilan. Oleh karena itu, jika mereka meminta kepada Allah pasti akan Allah beri" (HR. Ibnu Majah).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement