Kamis 01 Jun 2023 10:03 WIB

Pesan untuk Jamaah Haji: Titip Doakan Kesejahteraan Warga Cilacap di Tanah Suci

Pemkab Cilacap melepas 939 jamaah haji ke Tanah Suci

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Erdy Nasrul
Bupati Cilacap berpidato melepas keberangkatan jamaah haji.
Foto: Pemkab Cilacap
Bupati Cilacap berpidato melepas keberangkatan jamaah haji.

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP – Sebanyak 939  jamaah calon haji (calhaj) tahun 1444H/2023 M asal Kabupaten Cilacap resmi dilepas menuju Tanah Suci Mekkah. Pelepasan calhaj dilakukan oleh Pj. Bupati Yunita Dyah Suminar, Rabu (31/5/2023) di Pendopo Wijayakusuma Cakti Cilacap.

Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Cilacap, Muhammad Najib, menyampaikan jamaah calhaj Cilacap terbagi dalam 4 kloter embarkasi Solo, yakni Kloter 68, 69, 70 dan 71.

Baca Juga

“Total calhaj berjumlah 939 jamaah, terdiri dari 414 jamaah haji pria dan 525 jamaah haji wanita. Tahun ini, jamaah tertua berusia 97 tahun atas nama Muhammad Sodik asal Kecamatan Wanareja sedangkan jamaah termuda berusia 19 tahun atas nama Ekani Unsami Meylinda asal Kecamatan Cilacap Utara," jelas Najib dalam rilis yang diterima Republika, Kamis (1/6/23).

Ketua DPRD Cilacap, Taufik Nurhidayat, yang juga merupakan perwakilan jamaah calhaj asal Cilacap, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Cilacap yang telah mempersiapkan berbagai keperluan calhaj dari pelepasan hingga keberangkatan esok.

“Sebagai rasa terima kasih kami para calhaj kepada Pemkab Cilacap, mari kita nanti bersama-sama mendoakan agar Kabupaten Cilacap menjadi lebih baik lagi, senantiasa rukun dan damai, kita dapat beribadah dengan tenang serta terbebas dari korupsi," tuturnya.

Pj. Bupati dalam sambutannya juga menghimbau kepada jamaah calhaj untuk senantiasa menjaga kesehatan selama berada di tanah suci, mengingat suhu udara disana sangat berbeda dengan di Indonesia.

Tak hanya itu, Pj. Bupati juga berpesan agar jamaah calhaj tak sungkan untuk berkoordinasi dan berkomunikasi dengan para petugas kesehatan.

“Saya minta kepada para TPHI, TPIHI, TKHI dan PHD untuk memahami tugasnya dalam melayani para jamaah calhaj, termasuk dalam hal pelayanan kesehatan dan pelayanan umum lainnya demi kemudahan dan kelancaran jamaah dalam melaksanakan ibadah. Selamat jalan dan selamat menunaikan ibadah haji, semoga kembali ke tanah air dengan selamat serta meraih predikat Haji Mabrur," tuturnya.

Keberangkatan jamaah calhaj akan dimulai pada tanggal 12, 13 dan 14 Juni 2023 menuju Asrama Haji Donohudan. Selanjutnya, mereka akan diterbangkan ke Mekkah pada 14 dan 15 Juni 2023 kemudian diperkirakan kembali ke tanah air pada tanggal 26 Juli 2023.

Acara pelepasan calhaj ditutup dengan tausiyah oleh K.H Syaiful Hadi dari Majelis Robib Maulid Yasin Tahlil Kabupaten Cilacap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement