Rabu 07 Jun 2023 16:00 WIB

Makkah Siapkan Tempat Parkir untuk 50 Ribu Kendaraan pada Musim Haji

Arab Saudi kebut persiapan haji.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
 Makkah Siapkan Tempat Parkir untuk 50 Ribu Kendaraan di Musim Haji. Foto:  Jamaah Haji tengah berada di Masjidil Haram (ilustrasi)
Foto: Republika
Makkah Siapkan Tempat Parkir untuk 50 Ribu Kendaraan di Musim Haji. Foto: Jamaah Haji tengah berada di Masjidil Haram (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,MAKKAH -- Persiapan yang dilakukan kota Makkah menjelang pelaksanaan ibadah haji 2023 M/1444 H terus dikebut. Terbaru, Sekretariat Ibu Kota Suci mengumumkan telah menyelesaikan persiapan pendirian lima tempat parkir di pintu masuk Makkah.

Persiapan yang dilakukan oleh Badan Operasi dan Pemeliharaan ini dilakukan menjelang musim haji tahun ini. Tujuan hadirnya tempat parkir baru ini adalah untuk mengakomodasi kendaraan sebagai bagian dari rencana strategis membatasi masuknya mobil ke Makkah dan tempat-tempat suci.

Baca Juga

Luas tempat parkir ini secara kumulatif mencapai 1,88 juta meter persegi. Ia berlokasi di titik strategis di pintu masuk Makkah untuk mengurangi kemacetan di dalam kota suci.

Dilansir di Gulf News, Rabu (7/6/2023), lima lahan parkir tersebut dapat menampung 50.000 kendaraan. Tempat parkir baru ini merupakan tambahan yang signifikan untuk kerangka logistik Kota Suci Makkah.

Sekretariat Ibu Kota Suci juga menyatakan harapannya agar upaya ini dapat menghasilkan pengalaman haji yang lancar, tertib dan spiritual, bagi semua jamaah haji di musim mendatang. Adapun lokasi-lokasi ini telah dipilih dengan tujuan utama meringankan beban selama musim haji sekaligus meningkatkan pengalaman keseluruhan bagi jamaah yang datang.

Tidak hanya itu, mereka juga menyoroti pentingnya kehadiran ruang-ruang ini. Tim ahli teknis telah bekerja tanpa lelah untuk memastikan situs-situs ini disiapkan dengan standar tertinggi, sehingga menawarkan layanan terbaik kepada para peziarah dan memfasilitasi kinerja ritual keagamaan yang aman dan tenteram.

Bersamaan dengan tempat parkir, berbagai fasilitas terkait sedang dikembangkan oleh pihak yang bertanggung jawab. Hal ini termasuk kompleks untuk departemen pemerintah, ruang tunggu jamaah, dan toilet.

Sekretariat telah melengkapi kantor pusat badan pemerintah untuk musim haji dan melakukan pekerjaan infrastruktur yang ekstensif, seperti pengaspalan aspal, perencanaan lokasi, penomoran, penerangan, serta penghijauan.  

Sumber:

https://gulfnews.com/world/gulf/saudi/meccas-new-parking-lots-ready-to-welcome-50000-vehicles-for-hajj-season-1.96212191

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement