Jumat 09 Jun 2023 14:19 WIB

Makkah dan Madinah Tingkatkan Pelayanan Bantu Jamaah Haji Beribadah

Makkah dan Madinah terjunkan ribuan personel bantu jamaah haji.

Rep: Mabruroh/ Red: Erdy Nasrul
Salim Engeng (70 tahun) dan Abu Bakar Adami (50) jamaah haji dari Kabupaten Bener Meriah, Aceh di depan hotel Kiswah Tower, Makkah, Kamis (8/6/2023).
Foto: Republika/Fuji E Permana
Salim Engeng (70 tahun) dan Abu Bakar Adami (50) jamaah haji dari Kabupaten Bener Meriah, Aceh di depan hotel Kiswah Tower, Makkah, Kamis (8/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Pihak berwenang di Makkah dan Madinah telah mendirikan tenda baru berkualitas tinggi sebagai bagian dari persiapan mereka untuk menyambut para peziarah ke tempat-tempat suci untuk musim haji mendatang.

Dilengkapi dengan sistem pendingin khusus, fasilitas ini akan memberi pengunjung lingkungan yang menyenangkan dan aman untuk melakukan ritual mereka, serta menawarkan semua layanan dukungan yang mereka butuhkan.

Baca Juga

Kotamadya Makkah mengatakan telah menyediakan 28 pusat layanan, yang akan memiliki staf dan perlengkapan lengkap, sementara Kotamadya Madinah mengatakan juga telah menyelesaikan persiapannya dan siap untuk mengimplementasikan rencana operasionalnya untuk musim haji.

Pihak berwenang di Madinah mengatakan mereka telah merekrut lebih dari 9.900 orang dan akan menggunakan lebih dari 800 peralatan untuk membantu menyampaikan rencana mereka, yang difokuskan terutama pada area pusat, lingkungan perumahan, masjid, situs bersejarah, pasar, dan zona acara.

Mereka mengatakan juga telah memeriksa stasiun bahan bakar dan layanan, tempat pangkas rambut dan salon rambut wanita, pasar dan pedagang kaki lima untuk memastikan tingkat kebersihan yang tinggi, sehingga jamaah haji dapat berbelanja kebutuhan maupun oleh-oleh dengan nyaman.

“Rencana untuk kesiagaan dan mengatasi situasi darurat apapun telah disiapkan yang mungkin timbul selama musim ziarah,” kata pihak berwenang dilansir dari Arab News, Jumat (9/6/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement