Rabu 14 Jun 2023 19:32 WIB

Antisipasi Kebosanan, Jamaah Haji Lansia Senam agar Tetap Sehat

Jamaah haji diajak bersenam untuk menjaga kebugaran.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Jamaah haji lansia senam di lantai dasar Hotel Rizq Palace, daerah Misfalah, Makkah, Arab Saudi pada Rabu (14/6/2023) pagi.
Foto: Dok MCH 2023
Jamaah haji lansia senam di lantai dasar Hotel Rizq Palace, daerah Misfalah, Makkah, Arab Saudi pada Rabu (14/6/2023) pagi.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Terdengar riuh riang gembira jamaah haji lansia Indonesia di lantai dasar Hotel Rizq Palace, daerah Misfalah, Makkah, Arab Saudi pada Rabu (14/6/2023) pagi. Jamaah haji lansia yang menginap di Hotel Rizq Palace tersebut sedang senam dan bergembira.

Tenaga Kesehatan Haji Kloter (TKHK) Embarkasi Solo (SOC) 13, Dokter Annta Kern, mengatakan, sebenarnya memang jamaah haji sudah mulai monoton aktivitasnya. Mereka pergi ke masjid, terus pulang ke hotel.

Baca Juga

"Kita ingin ada varias kegiatan, supaya jamaah haji juga lebih sehat, makanya kemarin ada beberapa jamaah nanya, kapan senam, kapan senam, ayo kita senam," kata Dokter Annta di Makkah, Rabu (14/6/2023)

Dokter Annta mengatakan, jamaah haji mengharapkan ada kegiatan. Sejalan dengan keinginan petugas haji yang menginginkan agar jamaah haji lebih sehat, maka dimulai dengan acara senam.

Ia menyampaikan, tim kesehatan dan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) kloter bersama-sama merancang kegiatan untuk jamaah haji. Baru tadi malam memilih senam yang cocok untuk jamaah haji lansia.

"Kita buat undangan via grup kepada ketua rombongan, ketua regu untuk mengimbau jamaahnya ke tempat ini, ke mushola kumpul sekitar jam delapan pagi, Alhamdulillah sudah kumpul lansia dan risti, mudah-mudahan ini bisa kita tindak lanjuti lagi," ujar Dokter Annta.

Dokter Annta mengatakan, umumnya jamaah lansia di sini cukup sehat. Kalau ada keluhan dari jamaah haji, langsung direspons tim kesehatan.

"Kami rutin melakukan visitasi untuk melihat jamaah haji lansia yang ada di hotel ini," jelasnya.

Ummi Fatiyah jamaah haji dari Semarang menyampaikan bahwa senang mengikuti kegiatan senam. Ia mengaku badannya menjadi lebih nyaman saat digerakan. Dengan senam juga bisa menghilangkan kebosanan.

"Kulo (saya) senang mas ikut senam. Menghilangkan bosan karena baru saja tiba dari Madinah," kata jamaah haji lain, Jumiyati.

Turyati jamaah haji lainnya yang ikut senam juga mengatakan, ketika tiba di Makkah terkena flu karena sejak di Madinah sudah terkena flu. Makanya harus ikut senam supaya sehat. "Meski sudah tua harus tetap sehat," ujar Turyati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement