Kamis 15 Jun 2023 14:06 WIB

8 Juta Orang Berziarah dan Sholat di Masjid Nabawi dalam Sepekan

Untuk kenyamanan, pengurus Masjdi Nabawi menyiapkan segala fasilitas untuk jamaah.

Rep: Agung Sasongko/ Red: Ani Nursalikah
Suasana Raudhah, Masjid Nabawi, Senin (11/6/2023). Untuk memasuki Raudhah, jamaah haji Indonesia harus memiliki tasreh atau izin.
Foto: Agung Sasongko/Republika
Suasana Raudhah, Masjid Nabawi, Senin (11/6/2023). Untuk memasuki Raudhah, jamaah haji Indonesia harus memiliki tasreh atau izin.

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH --  Media Center Masjid Nabawi dengan Media Center PPIH Arab Saudi Daker Madinah menggelar silaturahim di Gedung Otoritas Pengelola Masjid Nabawi, Kamis (15/6/2023).

Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah Zaenal Muttaqin, Sekretaris Daker Madinah Abdillah, Kepala Sektor Khusus (Kaseksus) Jasaruddin dan sejumlah jurnalis.

Baca Juga

"Ini sejarah pertama kerja sama. Dari pimpinan Media Center Masjid Nabawi menyampaikan silakan awak media menyampaikan berita-berita terbaik soal kondisi Masjid Nabawi," ujar Zaenal, Rabu (14/6/2023).

Menurut Zenal, kewajiban teman-teman media untuk menyampaikan hal-hal yang positif kepada masyarakat di belahan dunia manapun termasuk di Indonesia. "Menginformasikan yang terbaik apabila ada orang yang tidak suka terhadap umat Islam dan Masjid Nabawi minimal berita tersebut dapat di-counter dan tidak tersebar sehingga yang tersebar luas adalah berita baik dari Nabawi dan umat Islam," ujarnya.

 

Wakil Ketua Umum Humas dan Media Masjid Nabawi Sa'ad Al Asmari menyambut baik kerja sama ini. Dia mengaku sangat gembira dan senang karena Indonesia sebagai negara dengan Muslim terbesar di dunia.

"Kita semua punya tanggung jawab berat untuk menyampaikan informasi yang baik terkait dengan Madinah dan Masjid Nabawi," ucapnya.

Dia tidak keberatan dengan pemberitaan tentang Masjid Nabawi selama untuk umat Islam. "Pemerintah Arab Saudi dan Pengelola Nabawi bahwa kami sangat mencintai umat Islam di Indonesia. Kami akan memenuhi kebutuhan fasilitas jamaah haji dan umat muslim Indonesia yang akan mendatangi Masjid Nabawi agar ibadahnya bisa tenang, nyaman, dan khusyuk," ujarnya.

Dia menyebut dalam seminggu jumlah jamaah yang berziarah dan sholat di Masjid Nabawi bisa mencapai 7-8 juta orang. Selain itu, dalam seminggu Masjid Nabawi mengeluarkan sekitar 600 ribu botol air zamzam, termasuk mengoperasikan 107 mobil golf dan penghubung bahasa 6.000 orang.

"Untuk kenyamanan, pengurus Nabawi menyiapkan segala fasilitas, kebersihan, karpet. Intinya untuk keamanan dan kenyamanan jamaah dengan usaha yang sangat maksimal," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement