Sabtu 17 Jun 2023 14:37 WIB

Begini Alur Jamaah di Puncak Haji

Jamaah diminta persiapkan diri jelang puncak haji.

Rep: Agung Sasongko/ Red: Muhammad Hafil
Arafah saat puncak haji (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Arafah saat puncak haji (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Jamaah haji Indonesia akan melaksanakan  Wukuf di Arafah pada 9 Dzulhijjah. Kabid Perlindungan Jamaah (Linjam) Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Harun Al Rasyid menjelaskan, kedatangan jamaah ke Arafah sesuai jadwal dan rute pergerakan yang telah disusun oleh Satuan Operasi (Satop) Armina atau Masyair yakni, satuan operasional Arafah, Mudzalifah, dan Mina.

"Jamaah akan bergerak pada 8 Dzulhijjah mulai pukul 07.00 hingga 22.00 WAS. Itulah waktu bergerak jamaah," ujarnya, Sabtu (17/6/2023). 

Baca Juga

Berikut alur pergerakan jamaah selama puncak haji:

Pada 9 Dzulhijjah saat itulah pelaksanaan wukuf di Arafah. Dimulai sholat Dzuhur berjamaah, kemudian khutbah wukuf, doa dan dzikir, setelah itu jemaah dipersilakan untuk melaksanakan ibadah secara pribadi. 

Selama di Arafah, jamaah haji sebaiknya berdiam diri di tenda dan memperbanyak amalan ibadah seperti membaca Al-Qur'an, zikir dan lainnya. Termasuk memanjatkan doa. 

Jamaah bergerak dari Arafah ke Muzdalifah mulai pukul 19.00 WAS.

Dari Muzdalifah jamaah haji kembali bergerak menuju Mina pada malam 10 Dzulhijjah. Sebab pada 10 Dzulhijjah, jamaah harus melaksanakan wajib haji yakni  jumratul Aqobah. Setelah itu kembali ke pemondokan atau tenda di Mina. 

Pada 11 Dzulhijjah jemaah haji melaksanakan jumratul Ula, Wustha, Aqobah. Hal yang sama juga dilakukan pada 12 Dzulhijjah. 

Sebagai catatan, kalau jamaah melakukan nafar awal maka kembali ke Makkah. Tapi bagi yang nafar tsani mesti melanjutkan pada tanggal 13 Dzulhijjah melaksanakan lagi jamarat Ula, Wustha, Aqobah.

Setelah itu, sebelum matahari terbenam jamaah kembali ke Makkah untuk selanjutnya melakukan tawaf iffadah, sai, dan tahalul.

Dengan demikian rangkaian ibadah haji pada tanggal 13 Dzulhijjah selesai

Bagaimana Petugas Haji?

Petugas haji mulai bergerak pada 6 dan 7 Dzulhijjah sebagai tim aju. Petugas sudah menyiapkan sektor-sektor yang dibentuk di Arofah. Di Arafah ini ada 70 maktab yang akan dipetakan dalam 11 sektor adhoc mulai dari 1 sampai 11 sektor adhoc.

Setiap 1 adhoc akan membawahi 8-9 maktab. Setiap maktab berisi 7 kloter. Personel tiap-tiap maktab berjumlah 48-50 orang dari petugas Daker Bandara dan Makkah. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement