Rabu 21 Jun 2023 14:22 WIB

Kebiasaan Selfie di Masjidil Haram Ganggu Kekhusyuan Jamaah Haji Bertawaf

PPIH kembali ingatkan jamaah haji tidak selfie berlebihan di Masjidil Haram.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Erdy Nasrul
Kemenag mengimbau jamaah haji jangan asal selfie, karena mengganggu kekhusyuan jamaah haji lain yang beribadah.
Foto: Republika
Kemenag mengimbau jamaah haji jangan asal selfie, karena mengganggu kekhusyuan jamaah haji lain yang beribadah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) kembali mengimbau dan mengingatkan jamaah haji agar tidak melakukan swafoto (selfie) berlebihan di Masjidil Haram, khususnya di depan Kabah. Apalagi jika hal ini dilakukan dengan perangkat foto profesional. 

“Jamaah perlu mengindahkan ketentuan-ketentuan otoritas pemerintah Arab Saudi khususnya di Masjidil Haram, agar tidak berurusan dengan aparat keamanan yang bertugas di Masjidil Haram,” kata Koordinator Media Center Haji (MCH) PPIH Pusat, Dodo Murtado, dalam siaran pers melalui akun Youtube Kementerian Agama, Selasa (20/6/203).

Baca Juga

Selama fase puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna), jamaah haji Indonesia akan mendapatkan sejumlah menu siap saji. Ada beragam menu yang disiapkan, antara lain mangut lele, rendang ayam, rendang daging, semur, gulai ikan, sajian bubur kacang hijau, kacang merah, serta ketan hitam.

Sajian menu nusantara yang akan dihidangkan kepada jemaah haji Indonesia saat puncak haji ini disiapkan oleh Masyariq atau Muassasah. Untuk memastikan cita rasa dan kualitas makanannya, PPIH Arab Saudi telah melakukan uji rasa makanannya (mealtest).

Operasional penyelenggaraan ibadah haji terhitung telah memasuki hari ke-29. Berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) hingga 19 Juni 2023 pukul 24.00 WIB, jumlah jamaah gelombang II yang tiba di Bandara King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah berjumlah 81.918 orang atau 213 kelompok terbang (kloter).

“Kedatangan jamaah haji kuota tambahan di Bandara AMAA Madinah sampai dengan hari ini sebanyak 2.428 orang atau 8 kloter. Total kedatangan Jemaah Haji Indonesia di Arab Saudi berjumlah 185.659 orang atau 476 kelompok terbang,” ujar Dodo.

Sementara itu, jamaah haji khusus yang telah sampai di Makkah sebanyak 878 orang. Sehingga, sampai dengan berita ini dibuat jumlah jamaah haji khusus yang telah tiba sebanyak 7.800 orang.

Ia menambahkan, jamaah yang wafat di Arab Saudi bertambah delapan orang. Mereka adalah:

1) Hadori Bakri Arsiman (68) asal embarkasi SUB Kloter 03

2) Abd Rohman Ilam (55) asal embarkasi SUB Kloter 52

3) Sawiyem Sumarto (77) asal embarkasi SOC Kloter 28

4) Elsa Susana Abdul Aziz (50) asal embarkasi PDG Kloter 06

5) Rusli Sain Alam Nasir (69) asal embarkasi PDG Kloter 08

6) Munaah Sahini (60) asal embarkasi LOP Kloter 07

7) Sholeh Tarwan Abdullah (82) asal embarkasi BTH Kloter 15

8) Eneng Kadim Paputungan (62) asal embarkasi BPN Kloter 16

Total jamaah yang wafat di Arab Saudi sebanyak 91 orang. Jamaah yang wafat di Makkah sebanyak 56 orang, di Madinah sebanyak 32 orang, serta di Jeddah sebanyak tiga orang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement