Selasa 04 Jul 2023 21:57 WIB

Enam Bandara AP II Layani Kedatangan Jamaah Haji 4 Juli-4 Agustus 2023

Enam bandara AP II yang menjadi debarkasi haji telah menetapkan rencana operasi.

Jamaah haji asal embarkasi Jakarta Pondok Gede melakukan sujud syukur setibanya di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (4/7/2023). Sebanyak 371 jamaah haji kloter empat embarkasi Jakarta Pondok Gede menjadi penerbangan perdana yang tiba di tanah air setelah melakukan rangkaian ibadah haji Arab Saudi.
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Jamaah haji asal embarkasi Jakarta Pondok Gede melakukan sujud syukur setibanya di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (4/7/2023). Sebanyak 371 jamaah haji kloter empat embarkasi Jakarta Pondok Gede menjadi penerbangan perdana yang tiba di tanah air setelah melakukan rangkaian ibadah haji Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II melaporkan enam bandara yang dikelola perseroan siap melayani kedatangan jamaah haji dari Tanah Suci. Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, sebanyak enam bandara AP II yang menjadi debarkasi haji telah menetapkan rencana operasi guna memastikan kelancaran kedatangan jamaah haji.

"Kami berterima kasih atas dukungan seluruh stakeholder antara lain Kementerian Agama, Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, maskapai, ground handling, dan lainnya sehingga enam bandara telah sukses mendukung keberangkatan penerbangan haji pada 24 Mei hingga 22 Juni 2023," kata Awaluddin melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (4/7/2023).

Baca Juga

Enam bandara AP II yang menjadi debarkasi haji yakni Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Kualanamu (Deli Serdang), Bandara Kertajati (Majalengka), Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh), Bandara Minangkabau (Padang) dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang). "Mulai 4 Juli, sebanyak enam bandara AP II tersebut siap menyambut kedatangan jamaah haji di Tanah Air. Kami berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk mengantar para jamaah kembali bertemu keluarga," kata Awaluddin.

Ia memastikan kesiapan seluruh fasilitas operasional, pelayanan, dan keamanan di bandara AP II untuk maksimal dalam menyambut kedatangan jamaah haji tersebut. Kedatangan jamaah haji di Bandara Soekarno-Hatta direncanakan berlangsung pada 4 Juli-4 Agustus 2023 menggunakan maskapai Garuda Indonesia dan Saudi Air.

"Kedatangan jamaah haji pada hari ini berlangsung dengan lancar. Kami memohon dukungan dari seluruh masyarakat agar Bandara Soekarno-Hatta dapat terus memberikan pelayanan terbaik saat kepulangan para jamaah haji," ujar Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda.

Sementara itu, kedatangan jamaah haji di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II direncanakan pada 6 Juli-3 Agustus 2023. Selanjutnya, Bandara Minangkabau direncanakan menyambut kedatangan jamaah haji pada 17 Juli-3 Agustus 2023.

Kemudian, di Bandara Kualanamu, kedatangan jamaah haji direncanakan berlangsung pada 4-29 Juli 2023 dengan total penerbangan sebanyak 24 kloter yang seluruhnya dioperasikan oleh Garuda Indonesia. Berikutnya, Bandara Sultan Iskandar Muda menyambut kedatangan jamaah haji pada 4 Juli-3 Agustus 2023. Sedangkan, bandara yang baru pertama kali melayani penerbangan haji, yakni Bandara Kertajati juga siap menyambut kedatangan jamaah haji pada 9 Juli-2 Agustus 2023.

"Tahun ini pertama kali bagi Bandara Kertajati menjadi embarkasi dan debarkasi haji. Kami sangat bersyukur seluruh penerbangan embarkasi berjalan dengan lancar, dan kini kami bersiap untuk menyambut kedatangan para jemaah haji dalam 25 kloter. Kami berupaya untuk memastikan kelancaran kedatangan jemaah haji," ujar Executive General Manager Bandara Kertajati, Nuril Huda.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement