Kamis 06 Jul 2023 14:39 WIB

Panitia Haji: Kita Usahakan Jamaah Haji tak Berlama-lama di Debarkasi

Kloter pertama jamaah haji asal Sumatra Barat akan pulang ke Tanah Air 17 Juli 2023

Rep: Febrian Fachri/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi jamaah haji tiba di Tanah Air.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi jamaah haji tiba di Tanah Air.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pelaksana Harian Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kanwil Kementerian Agama Sumatra Barat, Zilwadi, mengatakan kepulangan kelompok terbang (kloter) pertama jamaah haji Debarkasi Padang pada 17 Juli 2023 nanti. Zilwadi menyebut kloter pertama ini akan berangkat dari Bandara King Abdulaziz, Jeddah pada 16 Juli 2023.

"Insya Allah kloter pertama Debarkasi Padang akan mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada 17 Juli pukul 03.45 WIB," kata Zilwadi, Kamis (6/7/2023).

Baca Juga

Zilwadi menjelaskan kloter pertama Debarkasi Padang beranggotakan 393 orang yang terdiri dari 388 jamaah dan sisanya adalah petugas haji.

Seluruh jamaah kloter I ini berasal dari Kota Padang. Saat ini kloter pertama Debarkasi Padang menurut Zilwadi dalam keadaan sehat setelah melaksanakan berbagai rangkaian ibadah di Tanah Suci.

Zilwadi menambahkan kloter II Debarkasi Padang akan  berangkat dari Jeddah pada 17 Juli 2023.

Setelah jamaah haji mendarat di Bandar Udara Internasional Minangkabau, petugas akan langsung mengantar mereka ke Debarkasi Haji Padang menggunakan bus.

Setelah jamaah haji sampai di Debarkasi Haji Padang, Kantor Wilayah Kementerian Agama akan melakukan serah terima jamaah dengan pemerintah kabupaten dan kota. Jamaah haji selanjutnya akan diantar dari debarkasi ke daerah asal masing-masing.

"Kita usahakan jamaah itu tidak berlama-lama di debarkasi karena kita juga tahu mereka pasti sudah sangat rindu dengan sanak keluarganya," kata Zilwaldi menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement