Kamis 06 Jul 2023 14:44 WIB

Jamaah Haji: Banyak yang Menunggu Oleh-oleh Air Zamzam

Jamaah haji senang mendapatkan air zamzam 10 liter.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Petugas membagikan air zamzam kepada jamaah haji setibanya di Asrama Haji.
Foto: ANTARA/Mohamad Hamzah
Petugas membagikan air zamzam kepada jamaah haji setibanya di Asrama Haji.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Jamaah haji Indonesia tahun 2023 mendapatkan lebih banyak air zamzam. Awalnya setiap jamaah haji mendapat 5 liter air zamzam, di tahun ini mendapat tambahan menjadi 10 liter air zamzam.

Jamaah haji Indonesia merasa sanang dengan adanya tambahan air zamzam tersebut. Karena banyak sanak keluarga menantikan buah tangan dari jamaah haji berupa air zamzam.

Baca Juga

Ade jamaah haji asal Cirebon menyampaikan, senang dengan adanya penambahan air zamzam dari 5 liter menjadi 10 liter. Di Cirebon sudah banyak yang menunggu air zamzam.

"Teman-teman dan saudara di Cirebon mengharapkan dapat air zamzam, mereka menunggu, jadi sangat senang sekali ada penambahan air zamzam dari 5 liter jadi 10 liter," kata Ade saat ditemui Republika di Makkah, Rabu (5/7/2023)

Jamaah haji lainnya dari Tangerang, Wahyu Pujiono mengatakan, secara pribadi merasa senang sekali dapat tambahan air zamzam. Biasanya jamaah haji hanya dapat 5 liter air zamzam, tapi sekarang dapat 10 liter air zamzam.

"Sehingga jamaah haji sudah mulai tidak berpikir membawa air zamzam tambahan secara sembunyi-sembunyi di dalam koper," ujar Wahyu.

Wahyu mengungkapkan, penambahan air zamzam sangat berarti. Air zamzam yang dibawa ini untuk keluarga karena air zamzam salah satu manfaatnya sebagai obat.

"Tidak masalah walaupun 5 liternya dapat di asrama haji dan 5 liter lagi dapat di kantor Kementerian Agama, bagi kami 5 liter tambahan air zamzam itu baik sekali," kata Wahyu.

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan kabar gembira bahwa jamaah haji Indonesia 1444 H/ 2023 M akan mendapatkan air zamzam sebanyak 10 liter.

"Kalau sebelumnya jatah air zamzam hanya 5 liter, tahun ini kita putuskan menambahkan 5 liter zamzam untuk jamaah haji dan petugas," kata Menag Yaqut saat melepas 369 jamaah haji kelompok terbang (kloter) 1 Embarkasi Batam (BTH 01) di Makkah, Senin (3/7/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement