Kamis 20 Jul 2023 07:35 WIB

Jamaah Haji Cina Dinilai Bantu Jaga Kebersihan Tanah Suci

Pemerintah Saudi mendapatkan tayangan jamaah haji cina memungut sampah di terowongan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi jamaah haji bertawaf.
Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Ilustrasi jamaah haji bertawaf.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Arab Saudi memberikan apresiasi kepada beberapa jamaah haji Cina atas upaya sukarela mereka dalam melindungi lingkungan selama ibadah haji 2023, yang berakhir akhir bulan lalu.

Dilansir Gulf News, Rabu (19/7/2023), dalam sebuah video viral yang beredar di media sosial, sejumlah jamaah haji Cina terlihat sedang membuang sampah dari sebuah terowongan di kota suci Makkah Saudi selama ibadah Haji 2023.

Baca Juga

Mereka melakukan kerja sukarela saat dalam perjalanan melakukan ritual ibadah lempar jumrah di lembah Mina. Atas tindakannya, mereka diundang untuk datang ke kantor Wali Kota Makkah dan kehadiran mereka langsung disambut oleh Wakil Wali Kota Makkah Ebrahim Al Ghamdi.

Wali Kota Makkah menaruh rasa hormat kepada para jamaah haji Cina karena telah menunjukkan betapa pentingnya tanggung jawab sosial. Pemberian penghormatan dari wali kota Makkah kepada mereka juga bertujuan untuk memotivasi perilaku positif para jamaah di Tanah Suci.

Selain itu juga untuk meningkatkan nilai-nilai kesehatan dan lingkungan jamaah, serta memperkaya pengalaman mereka selama melakukan ritual haji. Pejabat Arab Saudi juga memberi apresiasi atas tindakan para peziarah itu.

"Kami sangat senang dengan inisiatif jamaah haji yang tersebar di media sosial. Kami senang karena ada jamaah haji yang memiliki budaya dan semangat untuk menjaga kebersihan Makkah," kata dia saat upacara penghormatan.

Arab Saudi mencabut batasan jumlah dan usia peziarah dari seluruh dunia untuk musim haji tahun ini dan membalikkan pembatasan sebelumnya. Sebab seperti diketahui, pandemi Covid-19 telah memaksa pembatasan jumlah jamaah haji dalam tiga tahun terakhir.

Adapun di tahun ini, ada sekitar 1,8 juta jamaah, termasuk 1,6 juta dari luar negeri, yang melaksanakan ibadah haji di tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement