Senin 20 Nov 2023 11:25 WIB

Arab Saudi Umumkan Penemuan Ladang Gas Alam Baru

Ladang gas baru banyak ditemukan di wilayah Arab Saudi

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Bendera Arab Saudi. Ladang gas baru banyak ditemukan di wilayah Arab Saudi
Foto: Reuters/VOA
Bendera Arab Saudi. Ladang gas baru banyak ditemukan di wilayah Arab Saudi

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH — Arab Saudi telah umumkan pada Ahad (19/11/2023), penemuan ladang gas alam baru di Provinsi Timur dan Kuartal Kosong. 

Menteri Energi Arab Saudi, Pangeran Abdulaziz bin Salman mengatakan Arab Saudi Aramco dapat menemukan dua ladang gas alam di Kuartal Kosong, serta dua ladang lainnya di dekat Dhahran dan Hofuf di Provinsi Timur. 

Baca Juga

Pangeran mengatakan, bahwa ladang gas alam Al-Hiran ditemukan di Kuartal Kosong. Gas alam mengalir dari waduk Hanifa di Al-Hiran, satu 1 sumur dengan kecepatan 30 juta kaki kubik standar per hari, dan 1600 barel kondensat. 

Juga ditemukan aliran gas dari waduk Al-Arab - C di bidang yang sama dengan kecepatan 3,1 juta kaki kubik standar per hari.

 

Menteri juga mengumumkan penemuan ladang gas alam Al-Mahakeek setelah gas mengalir dari sumur Al-Mahakeek - 2 dengan kecepatan 0,85 juta kaki kubik standar per hari. Gas alam juga ditemukan di lima reservoir di ladang yang ditemukan sebelumnya.  

Ini termasuk reservoir Jallah di ladang Asikra di Kuartal Kosong, setelah gas mengalir dengan kecepatan 46 juta kaki kubik standar per hari, di samping penemuan reservoir gas alam tambahan di ladang Shadun di sebelah barat Markaz Haradh. Gas alam ditemukan di reservoir Unayzah-A setelah gas mengalir dengan kecepatan 15,5 juta kaki kubik standar per hari, di samping sekitar 460 barel kondensat. 

Gas alam juga ditemukan di waduk Unayzah B/C di ladang Mazaleej barat daya Dhahran, di mana gas mengalir dengan kecepatan 14 juta kaki kubik standar per hari, disertai dengan sekitar 4150 barel per hari kondensat. 

Gas alam juga ditemukan di waduk Al-Sara di ladang Al-Wodaihi dan waduk Al-Qusaiba di ladang Awtad barat daya kota Hofuf. 

Baca juga: Sungai Eufrat Mengering Tanda Kiamat, Bagaimana dengan Gunung Emasnya?

Gas alam mengalir dari waduk Al-Sara dengan laju 11,7 juta kaki kubik standar per hari, dan dari waduk Al-Qusayba dengan laju 5,1 juta kaki kubik standar per hari, disertai dengan sekitar 57 barel per hari kondensat. 

Dilansir dari Saudi Gazette, Senin (20/11/2023), Pangeran Abdulaziz mengucapkan selamat kepada Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman dan Putra Mahkota dan Perdana Menteri Mohammed bin Salman atas pencapaian besar ini, memohon kepada Tuhan Yang Mahakuasa untuk memberikan keamanan, keselamatan, dan kemakmuran yang berkelanjutan bagi Kerajaan dan rakyatnya. 

 

Sumber: saudigazettee

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement