Ahad 04 Feb 2024 11:57 WIB

Muslim Nigeria Harus Bayar Rp 65 Juta untuk Naik Haji 2024

Biaya haji Nigeria mengalami kenaikan karena ketidakstabilan kurs dolar.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
ilustrasi Jamaah Haji Nigeria
Foto: EPA-EFE/AMEL PAIN
ilustrasi Jamaah Haji Nigeria

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Haji Nasional Nigeria (NAHCON) telah menetapkan biaya akhir pelaksanaan ibadah haji 2024. Umat Islam di bagian selatan Nigeria harus membayar sebesar 4,9 juta naira untuk naik haji tahun ini atau sekitar Rp 64.531.502.

Pada Oktober 2023, Komisi Haji Nasional Nigeria telah menetapkan setoran tarif awal sebesar 4,5 juta Naira. Jumlah tersebut disesuaikan dengan nilai dolar yang akan menentukan biaya akhir haji mendatang. Jumlah tersebut juga akan memberikan komisi angka yang lebih realistis dalam menawar biaya akomodasi, tarif penerbangan, makan, dan kebutuhan lainnya.

Baca Juga

Namun, dalam sebuah pernyataan yang ditandatangani oleh Asisten Direktur Urusan Masyarakat NAHCON Fatima Usara, Sabtu (3/2/2024), pihaknya telah melakukan upaya untuk mempertahankan tarif pada 4.5 juta naira, namun harus melakukan penyesuaian karena ketidakstabilan kurs dolar baru-baru ini.

Fatima Usara menambahkan meskipun Ketua NAHCON Jalal Ahmad Arabi telah menegosiasikan harga dengan penyedia layanan di Arab Saudi, situasi mata uang dalam seminggu terakhir memerlukan penyesuaian. Dia menyatakan tarif akan mencapai hingga 6 juta naira jika tidak dinego.

 

Ketua NAHCON awalnya bertujuan mempertahankan tarif haji 2024 sebesar 4,5 juta naira yang dibebankan sebagai setoran awal. Prospeknya tetap tinggi sampai jatuhnya naira yang terjadi pertengahan minggu.

“Sayangnya, ketidakstabilan nilai tukar dolar baru-baru ini memaksa adanya penyesuaian yang diperlukan meskipun ada upaya terpuji dari Ketua NAHCON, Jalal Ahmad Arabi untuk mempertahankan biaya haji tahun ini pada tingkat tersebut," kata Fatima Usara, dilansir Punch, Ahad (4/2/2024)

Jalal Ahmad Arabi telah secara aktif menegosiasikan diskon besar dengan penyedia layanan di Kerajaan Arab Saudi pada akhir Januari, berupaya untuk meringankan biaya bagi calon jamaah haji.

Namun, situasi mata uang yang bergejolak dalam minggu ini mengharuskan Komisi untuk mengambil keputusan drastis untuk mengkonsolidasikan keuntungan yang dicapai dalam menurunkan biaya layanan haji. Tanpanya biaya ibadah haji pada 2024 mungkin akan melonjak menjadi sekitar 6 juta naira.

Akibatnya, NAHCON kini mematok tarif untuk calon jamaah dari pusat selatan Nigeria sebesar 4.899.000 naira. Sedangkan calon jamaah yang berasal dari pusat Utara akan membayar 4.699.000 naira. Lalu, calon jamaah dari pusat Yola dan Maiduguri akan membayar biaya sebesar 4.679.000 Naira untuk pelaksanaan haji 2024.

Calon jamaah kini disarankan untuk membayar atau melunasi biaya haji mereka paling lambat Senin (12/2/2024) mendatang, agar komisi dapat mentransfer dana sebelum batas waktu yang ditentukan.

"Ini adalah kehendak Allah, karena Komisi, yang menghadapi tenggat waktu yang ketat pada 25 Februari, memiliki waktu terbatas untuk menjajaki opsi lebih lanjut agar tetap berada dalam kisaran 4,5 juta naira," jelas Arabi.

Namun, NAHCON meyakinkan masyarakat akan komitmennya untuk memastikan kelancaran dan kesuksesan ibadah haji bagi seluruh jamaah haji Nigeria.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement