Jumat 19 Apr 2024 13:45 WIB

Upaya Pemkab Nunukan Cegah Jamaah Haji Terkena Meningitis

Pemkab Nunukan lakukan vaksinasi meningitis kepada jamaah calon haji.

Ilustrasi jamaah haji mendapatkan vaksin meningitis.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi jamaah haji mendapatkan vaksin meningitis.

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNG SELOR -- Pemerintah Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara melalui Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) Kabupaten Nunukan bekerja sama dengan Puskesmas setempat menggelar vaksinasi meningitis bagi para jamaah calon haji.

“Ini salah satu upaya pemerintah melindungi masyarakat melalui pencegahan dan pengendalian penyakit tertentu, khususnya bagi jamaah calon haji yang akan berangkat ke Arab Saudi,” kata Kabid Kesmas P2KB Nunukan Nurmadia di Tanjung Selor, Kamis.

Baca Juga

Vaksinasi itu sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: HK.02.02/C.I/9325/2022 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Meningitis bagi Jamaah Haji. 

Berdasarkan nota diplomatik Kedutaan Besar Arab Saudi 7 November 2022, dan surat Kementerian Luar Negeri Nomor: 211-1246, vaksinasi meningitis merupakan kewajiban bagi mereka yang datang ke Kerajaan Arab Saudi dengan menggunakan visa haji.

Nurmadia mengatakan lebih lanjut, vaksinasi meningitis kepada  jamaah calon haji Kabupaten Nunukan bertujuan untuk menghindari jamaah haji dari penularan virus meningitis pada saat melaksanakan ibadah di tanah suci. 

Kegiatan vaksinasi tersebut dihadiri oleh 60 jamaah calon haji dari wilayah Pulau Nunukan, Kecamatan Lumbis, dan Kecamatan Seimanggaris.

Vaksin meningitis ini merupakan syarat wajib untuk keberangkatan perjalanan luar negeri. 

Pelaksanaannya juga dipantau dan bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan yang biasa memberikan vaksin meningitis kepada orang-orang yang melaksanakan perjalanan ke luar negeri.

Vaksinasi meningitis tersebut juga akan dilaksanakan kepada 61 jamaah calon haji di Puskesmas Sungai Nyamuk untuk wilayah Pulau Sebatik.

Khusus untuk jamaah calon haji, vaksin meningitis diberikan oleh Kementerian Kesehatan secara gratis sesuai dengan jumlah jamaah yang ada di kabupaten/kota. 

Ia menjelaskan, hasil pelaksanaan pemberian vaksin ini akan diinput oleh tim penginput di Puskesmas Nunukan, Puskesmas Sungai Nyamuk, dan petugas Dinas Kesehatan melalui aplikasi Sistem Komputerisasi Haji Terpadu Bidang Kesehatan atau SISKOHATKES.

“Informasi lebih lanjut mengenai vaksinasi meningitis bagi jamaah calon haji Nunukan, dapat menghubungi P2KB Nunukan atau Puskesmas terdekat,” demikian Nurmadia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement