Senin 18 Nov 2013 15:17 WIB

Kloter Terakhir Tiba di Tanah Air

Rep: Amri Amrullah/Hannan Putra/ Red: Dewi Mardiani
Jamaah Haji pulang ke Tanah Air. Ilustrasi.    (Republika/Yasin Habibi)
Jamaah Haji pulang ke Tanah Air. Ilustrasi. (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyelenggaraan haji pada tahun ini berakhir dengan dipulangkannya kelompok terbang (kloter) terakhir dari Jeddah ke tanah air. Kloter terakhir yang menandakan berakhirnya musim haji tahun ini adalah kloter 71 debarkasi Solo.

Menteri Agama (Menag), Suryadharma Ali, mengatakan dua penerbangan terakhir menutup musim haji tahun ini. Yakni di debarkasi solo, kloter 70 dan 71. Dua kloter terakhir ini menggunakan Garuda Indonesia dan diperkirakan akan tiba di Tanah Air pada Selasa (19/11) pagi.

"Penerbangan segera take off dari Jeddah, dan Kloter ini merupakan kloter terakhir yang akan dipulangkan ke Tanah Air," ujar Suryadharma saat menyambut kedatangan 344 jamaah haji asal Bekasi dari kloter 68 yang termasuk dari kloter terakhir debarkasi Halim Perdanakusuma di Jakarta, Senin (18/11) pagi.

Kedatangan kloter terakhir debarkasi DKI ini juga disambut Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Anggito Abimanyu, Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat Zubaidi, Kakanwil Kemenag DKI Akhmad Murtado, Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat Saeroji dan turut hadir pula Dubes Arab Saudi di Jakarta Mustafa Al Mubarok.

Hingga kepulangan kloter terakhir debarkasi Halim Perdanakusuma, Senin (18/11), jamaah haji yang wafat di Tanah Suci sebanyak 261 orang, termasuk 12 orang diantaranya jemaah haji khusus. Jumlah jemaah haji yang wafat tahun ini, kata dia, jauh lebih sedikit dibanding pada periode yang sama tahun 2012 lalu, yaitu sebanyak 425 orang.

Adapun jamaah yang masih dirawat di Arab Saudi, sampai dengan hari ini 26 orang. "Dari 26 orang itu, tiga orang dirawat di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPIH) dan 23 orang lainnya dirawat di sejumlah rumah sakit Arab Saudi," katanya.

Suryadharma mengungkapkan, jemaah haji yang meninggal karena sakit klaim asuransi yang dibayarkan kepada keluarganya sebesar Rp 35,5 juta. Sedang jemaah haji yang meninggal karena kecelakaan klaim asuransi yang dibayarkan kepada keluarganya sebesar Rp 71 juta.

Hingga saat ini tercatat jamaah haji reguler yang telah tiba di Tanah Air sebanyak 374 kloter terdiri dari 152.522 orang. Untuk jamaah khusus (ONH Plus) seluruhnya berjumlah 13.552 orang telah tiba di Tanah Air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement