Sabtu 29 Jul 2017 16:55 WIB

Pemondokan Haji Makkah Siap Tampung Jamaah

Salah satu pemondokan haji yang berada di Kawasan Syisya, Makkah
Foto: nashih nashrullah/ Republika
Salah satu pemondokan haji yang berada di Kawasan Syisya, Makkah

IHRAM.CO.ID, MAKKAH— Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi daerah kerja Makkah (Daker Makkah) melakukan pengecekan akhir terhadap seluruh pemondokan di Makkah.  

Kepala Seksi Pelayanan dan Perumahan dan Penempatan Daerah Kerja (Daker), Makkah, Fitsa Burhanuddin, mengatakan per hari ini (Sabtu), panitia akan mendistribusikan daftar kesiapan (cek list) fasilitas ke semua sektor.

“Kita akan cek ulang semua hari ini mudah-mudahan hingga tujuh hari ke depan sudah selesai,” kata dia kepada Republika.co.id di Kantor Urusan Haji, di kawasan Syisya, Makkah, Sabtu (29/7).   

Dia mengatakan, cek list tersebut mememuat antara lain, apa saja catatan-catatan kecil yang harus dipenuhi oleh pemilik hotel agar segera diperbaiki. Meskipun catatan tersebut tidak terlalu signifikan, hanya peningkatan kualitas sesuai dengan standard yang ditetapkan oleh panitia sesuai dengan kontrak sejak awal pengadaan.

Fitsa mencontohkan misalnya, meski tiap hotel sudah ada fasilitas karpet di Mushala, namun jika spesifikasinya dianggap kurang, panitia meminta pemilik hotel segera menggantinya. Atau misal perbaikan posisi televisi yang kurang tepat dengan posisi tempat tidur.

“Prinsip kita inginkan yang terbaik buat jamaah,” papar dia.

Dia menjelaskan, per hari ini pula, pihaknya akan mendistribusikan berita acara penyerahan kunci ke masing-masing sektor. Sesuai dengan kontrak antara Kantor Urusan Haji Indonesia den pemilik hotel, serah terima kunci dilakukan pada H-5 sebelum kedatangan kloter pertama dari Madinah yang dijadwalkan tiba di Makkah, pada Ahad (6/8).  

Lebih lanjut, Fitsa menambahkan, demi kenyamanan dan keamanan bersama, pihaknya mengimbau para jamaah haji, kembali mempelajari teknis dan tata cara penggunaan berbagai fasilitas yang ada di pemondokan.

Dia mengatakan, pihaknya telah merilis video tutorial tata cara pemanfaatan fasilitas-fasilitas yang ada di pemondokan dengan ragam modelnya. Mulai dari fasilitas dengan teknologi tercanggih hingga terendah. Tercanggih seperti fasilitas lampu yang dimatikan menggunakan s entuhan tangan, dan lain sebagainya hingga bagamana menggunakan closet duduk. 

Sosialiasasi dan edukasi tutorial tersebut, ungkap dia, telah dilakukan secara nasional, melalui kantor wilayah Kementerian Agama di daerah-daerah atau saat pembekelan manasik ke jamaah. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement