Kamis 03 Jan 2019 06:06 WIB

Saudi Arabia Rencanakan Kereta Haramain Layani Jamaah Haji

Kereta Haramain telah beroperasi pada 24 September 2018.

Kereta api Haramain.
Foto: suadigazette
Kereta api Haramain.

IHRAM.CO.ID, -- JEDDAH - Kereta api berkecepatan tinggi Haramain telah mengangkut lebih dari 118.000 penumpang melalui 310 perjalanan sejak diluncurkan pada 11 Oktober. Surat kabar Al-Eqtisadiah melaporkan berita itu pada hari Senin pekan lalu.

Kereta Api Berkecepatan Tinggi Haramain saat ini mengoperasikan delapan perjalanan harian antara Mekah dan Madinah melalui Jeddah dan Kota Ekonomi Raja Abdullah. Sumber berita itu mengatakan kepada surat kabar Al-Eqtisadiah bahwa manajemen kereta api saat ini sedang mempelajari rencana untuk meningkatkan jumlah perjalanan harian secara bertahap antara dua kota suci. Mereka mengatakan rencananya adalah menambah dua perjalanan setiap bulan sampai jumlah total perjalanan harian mencapai 30 pada akhir 2019.

Mereka juga mengatakan jika rencana itu dilaksanakan, nantinya akan ada perjalanan setiap setengah jam dan kereta api akan memiliki kapasitas untuk mengangkut 30 juta penumpang setiap tahun, Nantinya pun para jamaah haji rencanaya akan menggunakan kereta ini pada musim mendatang.

Sumber tersebut mengatakan proyek kereta api berhasil mencapai pendapatan yang ditargetkan. Manajemen pada tahap ini tidak berkonsentrasi pada menghasilkan pendapatan sebanyak mungin. Namun, mereka berkonsentrasi pada kualitas layanan yang diberikan, seperti mengikuti jadwal.

Lebih dari 650 pria dan wanita Saudi dipekerjakan dalam pengoperasian stasiun kereta, manajemen kereta api, dan di sektor pemeliharaan. Jumlah total pekerja di berbagai departemen dan perusahaan yang terlibat dalam proyek ini adalah 1.200. Layanan kereta api sepanjang rute 450 kilometer ini memiliki lima stasiun.

Otoritas Transportasi Umum telah menyetujui harga tiket kereta api. Biaya perjalanan antara Jeddah dan Makkah adalah 40 real untuk kelas ekonomi dan 50 real untuk kelas bisnis, tidak termasuk pajak. Biaya tiket antara Makkah dan Madinah adalah 150 real untuk kelas ekonomi dan 250 real untuk bisnis.

Dibutuhkan satu jam dan 50 menit untuk perjalanan antara Makkkah dan Madinah dan 21 menit antara Jeddah dan Makkah. Penumpang dapat memesan dan membeli tiket melalui aplikasi khusus dan melalui mesin pintar di stasiun kereta.

Stasiun kereta pun kini mulai menyewakan lokasi untuk kegiatan komersial, tetapi jumlah kedai kopi dan restoran masih terbatas. Lebih dari 118.000 penumpang diangkut sejak Oktober 2018.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement