Jumat 05 Jul 2019 08:57 WIB

Dirjen Haji: Pengurusan Visa Haji Berjalan Lancar

Pengurusan visa haji dilakukan secara daring.

Petugas Kementerian Agama sedang melakukan pendataan pembuatan visa haji untik calon jamaah haji Indonesia di kantor Kementrian Agama RI di Jakarta, Selasa (25/6).
Foto: darmawan / republika
Petugas Kementerian Agama sedang melakukan pendataan pembuatan visa haji untik calon jamaah haji Indonesia di kantor Kementrian Agama RI di Jakarta, Selasa (25/6).

IHRAM.CO.ID, PALEMBANG— Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama, Nizar Ali, mengatakan pengurusan visa haji untuk pemberangkatan jamaah tahun ini tidak ada kendala yang serius dan berjalan lancar.

“Proses penyelesaian visa jamaah haji Indonesia tahun ini untuk pemberangkatan di pekan pertama telah rampung,” kata dia, saat meninjau kesiapan pemberangkatan jamaah calon haji Sumsel di Palembang, Kamis (4/7).

Baca Juga

Dia mengatakan, untuk jamaah yang akan berangkat di pekan atau pekan kedua, visanya ditargetkan sudah selesai pada 8 Juli 2019. “Jadi, tidak ada persoalan yang serius mengenai visa sehingga pemberangkatan diharapkan berjalan lancar,” tutur dia.

Apalagi, menurut Nizar, sekarang proses pengurusan visa dapat dilakukan secara daring. Jadi, input data jamaah yang akan diurus visanya dapat dilakukan selama 24 jam baik siang maupun malam. “Oleh karena itu visa haji tidak ada kendala sehingga penyelesaiannya akan tepat waktu.”

 

Dalam kesempatan itu Dirjen mengapresiasi sejumlah inovasi yang dilakukan Sumsel yang salah satunya rencana PPIH Embarkasi Palembang menggelar talkshow baik secara on air maupun off air selama masa pemberangkatan. Dengan talkshow akan ada dialog interaktif yang bisa disaksikan oleh masyarakat, sehingga informasi terkait masalah haji bisa cepat sampai dan tersosialiasi pada masyarakat. 

Humas Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH)Embarkasi Palembang, Saefudin, mengatakan Embarkasi Palembang tahun ini akan memberangkatkan 8.545 jamaah calon haji dengan rincian 7.195 asal Sumsel, 1.255 asal Bangka Belitung dan 95 petugas kloter. “Jamaah haji itu akan diberangkatkan dalam 19 kelompok terbang dan kloter pertama berasal dari Kabupaten Ogan Komeing Ulu Timur,” papar dia. 

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement