Ahad 14 Jul 2019 16:00 WIB

Jangan Sombong di Tanah Suci

Jamaah diminta mengikuti arahan dan aturan selama di Tanah Suci.

Rep: Febrian Fachei/ Red: Agung Sasongko
Jamaah haji Indonesia
Foto: AP
Jamaah haji Indonesia

IHRAM.CO.ID,PADANG-Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit melepas jamaah asal Kota Bukittinggi, Kota Sawahlunto dan Kota Padang yang akan berangkat dalam kelompok terbang (kloter) sembilan hari ini, Ahad (14/7). 

Nasrul yang sudah pernah haji di awal tahun 2000-an lalu mengatakan pengalaman dan pengamatannya kalau jemaah calon haji tidak boleh sombong dan takabur selama di tanah suci. Karena sifat-sifat dan perbuatan negatif selama di tanah suci menurut Nasrul akan langsung berdampak negatif kepada diri sendiri. 

"Jangan takabur dan sombong disana, karena hal itu akan merugikan diri sendiri," kata Nasrul. 

Wagub juga berpesan kepada jamaah supaya mengikuti arahan dan peraturan selama berada di Arab Saudi. Satu hal yang ditekankan Nasrul Abit ialah supaya jamaah makan dengan teratur dan menjaga kesehatan. Sebab, kesehatan sangat menentukan perjalanan ibadah selama di Mekkah. 

Selain itu, Nasrul menyarankan jamaah memaksimalkan ibadah termasuk mendoakan sanak keluarga yang menanti di rumah. Sebab kesempatan berhaji merupakan kesempatan langka yang harus menanti bertahun-tahun sejak mendaftar sebagai peserta calhaj. 

"Perbanyaklah ibadah, dan jangan lupa doakan juga saudara saudara kita. Semoga para calon jamaah haji ini menjadi haji yang mabrur dan selamat sampai di kampung halaman kembali,'' ujar Nasrul.

Jamaah asal tiga kota di Sumbar ini ada sebanyak 391 orang. Dari Bukittinggi sebanyak 271 jamaah, Sawahlunto 68 jamaah dan dari Kota Padang 45 jamaah. 

Jamaah akan diberangkatkan pagi ini pukul   9.35 WIB dari Bandara Internasional Minangkabau menuju Bandara Internasional Pangeran Muhammad bin Adulaziz. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement