Ahad 21 Jul 2019 08:52 WIB

Petugas Bimbingan Ibadah Keliling Hotel Beri Edukasi Jamaah

Petugas memastikan jamaah memahami ritus dan manasik haji.

Jamaah haji Indonesia asal Kloter 1 Embarkasi Surabaya (SUB) meninggalkan hotel tempat mereka menginap di Madinah.
Foto: Republika/Syahruddin El-Fikri
Jamaah haji Indonesia asal Kloter 1 Embarkasi Surabaya (SUB) meninggalkan hotel tempat mereka menginap di Madinah.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Petugas haji bagian konsultan dan bimbingan ibadah secara rutin keliling ke pondokan jamaah melakukan kunjungan dan edukasi haji kepada jamaah Indonesia. Konsultan Ibadah Daerah Kerja Makkah PPIH 2019 Muhammad Ulinnuha mengatakan salah satu kegiatan yang rutin dilakukan adalah mengunjungi jamaah di hotel.

"Kegiatan ini kami namakan kegiatan visitasi dan edukasi untuk seluruh jamaah yang ada di Makkah untuk pemantapan manasik haji," kata Ulinnuha, Sabtu (20/7).

Baca Juga

Edukasi terhadap jamaah calon haji merupakan hal sangat penting karena tujuan utama jamaah Indonesia datang ke tanah suci untuk melakukan ibadah. "Pertama, memastikan seluruh jamaah calon haji Indonesia memahami dengan baik ritus-ritus haji, manasik haji. Kemudian, yang kedua pemantapan di bidang hikmahnya," kata Ulinnuha.

Ulinnuha menambahkan, target yang ingin dicapai selain secara teori fiqih jamaah calon haji memahami manasik haji, mereka juga memahami hikmah di balik seluruh rangkaian ibadah manasik haji. "Sehingga tentu harapan terakhir setelah mereka mengetahui dari aspek fiqih dan aspek hikmahnya mereka kemudian menjadi haji yang mabrur," kata Ulinnuha.

 

Dalam tataran teknis pelaksanaan ibadah, jamaah haji di setiap sektor akan didampingi oleh pembimbing ibadah yang disebut dengan TPIHI. "Kami tekankan di samping juga ada materi yang secara normatif, ada juga materi secara teknis yang akan dibimbing pembimbing ibadah atau ketua rombongan untuk membimbing jamaahnya melaksanakan manasik haji," ujar Ulinnuha.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement