Kamis 22 Aug 2019 05:51 WIB

Jamaah Haji Mulai Padati Masjid Nabawi

Jamaah akan melaksanakan shalat 40 waktu (arbain) di Masjid Nabawi.

Jamaah haji Indonesia sedang membaca Al-Quran seusai shalat Subuh di Masjid Nabawi Madinah, Selasa (22/7). Jamaah haji memanfaatkan waktu dengan memperbanyak membaca Al-Quran, zikir, dan ibadah sunnah lainnya selama kegiatan arbain
Foto: Republika/Syahruddin El-Fikri
Jamaah haji Indonesia sedang membaca Al-Quran seusai shalat Subuh di Masjid Nabawi Madinah, Selasa (22/7). Jamaah haji memanfaatkan waktu dengan memperbanyak membaca Al-Quran, zikir, dan ibadah sunnah lainnya selama kegiatan arbain

IHRAM.CO.ID, oleh Syahruddin El-Fikri dari Madinah, Arab Saudi

 MADINAH — Jamaah haji mulai memadati Masjid Nabawi di Kota Madinah al-Munawarah. Pascapelaksanaan puncak Ibadah haji, jamaah gelombang kedua khususnya, diberangkatkan menuju Madinah.

Baca Juga

Jamaah haji Indonesia gelombang kedua, telah tiba di Madinah pada Rabu (21/8). Sebanyak 14 kloter atau sekitar 5.000 jamaah haji yang diberangkatkan dari Makkah menuju Madinah. Dan mereka yang sudah tiba di Madinah, mulai merapat dan melaksanakan Ibadah di Masjid Nabawi.

Pantauan Republika di lapangan pada Rabu (21/8), Masjid Nabawi sudah mulai sesak oleh jamaah. Tak hanya jamaah haji dari Indonesia, tetapi juga jamaah haji dari India, Turki, Pakistan, Bangladesh, Burkina Faso, NIgeria, Sudan, Tunisa, dan lainnya.

Bahkan, jamaah haji Indonesia, khususnya jamaah dari kloter 41 Embarkasi Surabaya, yang tiba di Madinah pada pukul 13.30 waktu Arab Saudi (WAS), sudah berdatangan ke Masjid Nabawi saat memasuki waktu Ashar. Demikian pula pada waktu Maghrib dan Isya, jumlah jamaah terus bertambah.

Direncanakan, pada Kamis (22/8) ini, jumlah jamaah haji Indonesia yang tiba di Madinah semakin banyak. Kepala Daker Madinah Akhmad Jauhari mengungkapkan, pada Kamis (22/8) setidaknya ada 17 kloter jamaah haji Indonesia yang tiba di Madinah.

Sesuai data, untuk gelombang kedua ini, jumlah jamaah haji Indonesia yang akan tiba di Madinah lebih banyak dibandingkan gelombang pertama. Pada gelombang pertama, jumlah jamaah yang tiba di Madinah sebanyak 229 kloter atau sekitar 92 ribu orang.

“Sedangkan jamaah yang tiba di Madinah pada gelombang kedua ini jumlahnya sebanyak 300 kloter dengan total jamaah sekitar 111 ribu orang,” kata Akhmad Jauhari.

Ia menyebutkan, jamaah haji Indonesia yang tiba di Madinah tersebut akan melaksanakan shalat 40 waktu (arbain) di Masjid Nabawi. Dan di sela-sela waktu tersebut, ungkap Jauhari, jamaah akan diberi kesempatan untuk berziarah.

“Ada maqam Baqi, jabal Uhud, Masjid Quba, Masjid Qiblatain, Kebun Kurma, dan lainnya,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement