Ahad 26 Jul 2020 16:16 WIB

Pujian untuk Keputusan Haji Arab Saudi

Pujian untuk Keputusan Haji Arab Saudi

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Pujian untuk Keputusan Haji Arab Saudi. Foto: Haji (ilustrasi)
Foto: Republika
Pujian untuk Keputusan Haji Arab Saudi. Foto: Haji (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Kementerian Urusan Dakwah dan Bimbingan Islam Arab Saudi menerima pesan dan pernyataan dari 1.200 tokoh Muslim terkemuka. 1.200 tokoh ini termasuk menteri, ulama, mufti, pemimpin, kepala universitas dan masyarakat Islam dari berbagai negara di dunia.

Ribuan orang ini mengirimkan pesan yang berisi pujian atas keputusan Kerajaan Saudi tetap melaksanakan haji 2020, meski jumlah jamaahnya dibatasi.

Baca Juga

Dilansir di Saudi Gazette, mereka mengatakan keputusan yang dikeluarkan Arab Saudi ini menegaskan ketajaman kepemimpinan negara tersebut. Keputusan itu dibuat dengan tujuan melindungi para peziarah dan pengunjung Masjid Nabawi di tengah pecahnya pandemi global Covid-19.

Para tokoh Muslim ini juga menegaskan keputusan itu dibuat dengan tujuan untuk tidak mengganggu haji dan mencapai tujuan syariah.

 

Akhir Juni lali, Otoritas Saudi telah mengambil keputusan tentang pelaksanaan Haji. Kerajaan hanya mengizinkan sejumlah Muslim yang tinggal di Saudi yang dapat melaksanakan rukun Islam kelima ini.

Arab Saudi, membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk memilih antara menangguhkan haji sama sekali atau melanjutkan dengan membatasi jumlah jamaah.

Sebelumnya, pada bulan Juni, beredar isu Arab Saudi sedang mempertimbangkan tiga opsi. Menangguhkan haji secara keseluruhan, membatasi hanya untuk orang-orang Arab Saudi sendiri, atau tetap melaksanakan dengan kuota normal namun dengan peraturan yang ketat.

Dilansir di Ahram Online, membiarkan jamaah dari luar negeri akan berisiko membawa lonjakan baru infeksi Covid-19. Sementara, menangguhkan haji sama sekali akan menyebabkan kritik dari ratusan juta Muslim di seluruh dunia.

Kompromi pembatasan kuota jamaah dari berbagai negara yang sudah tinggal di Arab Saudi tampaknya menjadi pilihan terbaik.  

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement