Kaca Mata Gandhi Terjual 340 Ribu Dolar AS

Ahad , 23 Aug 2020, 05:37 WIB Redaktur : Muhammad Subarkah
Mahatma Gandhi
Mahatma Gandhi

REPUBLIKA.CO.ID, -- Sepasang kacamata berlapis emas yang dikenakan oleh pahlawan kemerdekaan India Mahatma Gandhi telah dijual di Inggris seharga £ 260.000 (340.000 dolar AS. Hal ini dikatakan balai lelang Esat Bristol.

 

Terkait

 "Kami menemukannya empat minggu lalu di kotak surat kami. Benda bersejarah ini ditinggalkan di sana oleh seorang pria yang pamannya diberi oleh kaca mata itu Gandhi sendiri," tulis East Bristol Auctions di Instagram setelah penjualan pada Jumat malam.

“Hasil yang luar biasa untuk item yang luar biasa! Terima kasih untuk semua yang menawar," ujarnya lagi.

Gandhi dikenal karena sering membagikan pasangan kaca mata lamanya atau yang tidak diinginkan kepada mereka yang membutuhkan atau mereka yang telah membantunya.

"Seorang pengunjuk gerakan rasa tanpa kekerasan Gandhi (ahimsa) misalnya memberikan kacamata tersebut kepada paman seorang pedagang benda bersejarah pada saat dia bekerja untuk British Petroleum di Afrika Selatan selama 1920-an atau 30-an, kata rumah lelang tersebut seraya menyatakan bila arga jual melebihi perkiraan awal sekitar £ 15.000.

Peserta lelang, Andrew Stowe mengatakan kepada Sky News awal bulan ini bahwa vendor tersebut telah memberitahunya: "Jika kaca mata itu tidak berguna, buang saja."

Ketika menyarankan mengenai harganya mungkin bernilai sekiar £ 15.000 saja. Dan ternyata harganya terjulalebih dari 20 kali lipatnya. "Saya pikir kaca mata itu awalnya tak semalah itu. istilahnya, hampir jatuh dari kursi."

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini