Ahad 07 Feb 2021 14:30 WIB

Menikmati Lembah Wadi Lajab, Surga di Tengah Gurun

Lembah Wadi Lajab dijuluki surga di tengah gurun

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Menikmati Wadi Lajab, Surga di Tengah Gurun
Foto: Arab News
Menikmati Wadi Lajab, Surga di Tengah Gurun

IHRAM.CO.ID, JAZAN—Jazan, sebuah kota pelabuhan di barat daya Arab Saudi, dan berada di utara perbatasan Arab Saudi dan Yaman, memiliki sebuah tempat yang disebut ’heaven in the desert’ (surga di gurun) karena keindahannya.

Heaven in the desert, juga dikenal sebagai Wadi Lajab, berada di timur laut kota Jazan. Untuk mencapainya, pengunjung harus melalui sebuah jalan sempit yang membelah gunung Qahr. Setelah tiga km, celah di sisi timur gunung itu akan melebar dan hamparan Wadi Lajab akan terlihat diantara dua puncak lembah berbatu yang tinggi.

Baca Juga

Meski berada di tengah gurun, begitu tiba di pintu masuk lembah, pengunjung akan disambut dengan rimbunnya pohon, aliran sungai yang jernih dilengkapi air terjun kecil, dan kolam air tawar. Pohon palem yang menghiasi lembah dan sumber air tawar di lembah itu dianggap lebih indah dibanding lembah manapun di Saudi.

Bagi pengunjung dengan jiwa petualang tinggi, tempat ini juga telah dilengkapi dengan banyak kegiatan pemacu adrenalin, seperti panjat tebing, hiking dan memancing. Lokasi Wadi Lajab yang dkeliling goa dan perbukitan berbatu juga menjadi nilai plus bagi penjelajah yang ingin mencoba menaklukkannya atau hanya sekedar menikmati pemandangan.

 

Para peneliti percaya bahwa situs tersebut adalah rumah bagi beberapa penduduk paling awal di Jazirah Arab, sementara satu legenda mengklaim bahwa Majnun dari "Layla dan Majnun”, kisah terkenal penyair Badui abad ke-7, berasal dari Wadi Lajab. Lembah ini terletak sekitar 80 km timur laut Jazan dan 2.000 meter di atas permukaan laut.

sumber : Arab News
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement