Senin 15 Feb 2021 13:16 WIB

Tempat Produksi Bir Massal Berusia Ribuan Tahun Ditemukan

Bir digunakan dalam ritual penguburan kerajaan untuk raja-raja paling awal di Mesir.

Rep: Zainur mahsir Ramadhan/ Red: Esthi Maharani
Situs kuno di Mesir.
Foto: Egypt's Ministry of Tourism and Antiquities
Situs kuno di Mesir.

IHRAM.CO.ID, KAIRO — Kementerian Pariwisata dan Barang antik Mesir mengatakan baru saja menemukan tempat pembuatan bir massal berusia 5 ribu tahun. Dikatakan, lokasi yang berada di Kota Abydos, Mesir kuno itu, bisa menghasilkan ribuan liter bir.

Dalam sebuah pernyataan dari Kementerian, lokasi penemuan berada di situs Kegubernuran Sohag Mesir. Ada kemungkinan tempat tersebut berdiri di masa pemerintahan Raja Narmer sekitar 3.100 SM.

Mengutip Reuters, Senin (15/2) Matthew Adams, salah satu pemimpin misi Mesir-Amerika yang berperan dalam penemuan itu meyakini bir digunakan dalam ritual penguburan kerajaan untuk raja-raja paling awal di Mesir.

Produksi bir yang memiliki kapasitas produksi 22.400 liter ini, kata dia, terbagi menjadi delapan bagian. Masing-masing bagian, berisi 40 pot tanah liat yang digunakan untuk menghangatkan campuran gabah dan air.

Dalam penemuan situs itu, kementerian dan pihak terkait rencananya ingin memamerkan artefak untuk meningkatkan kembali jumlah wisatawan. Khususnya, setelah industri pariwisata Mesir anjlok selama pandemi Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement