Jumat 05 Mar 2021 07:00 WIB

Menteri Luar Negeri India Kunjungi Bangladesh Bahas Rohingya

Sejauh ini India tidak mengizinkan mereka masuk ke wilayahnya

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Puluhan warga etnis Rohingya berada di dalam kapal
Foto: ANTARA FOTO/RAHMAD
Puluhan warga etnis Rohingya berada di dalam kapal

IHRAM.CO.ID, DHAKA – Menteri luar negeri India tiba di Bangladesh menjelang kunjungan perdana menteri India di tengah upaya menyelesaikan nasib 81 pengungsi Rohingya. Mereka berada di kapal yang terapung-apung di perairan internasional.

Menteri Luar Negeri India, Subrahmanyam Jaishankar akan mengadakan pembicaraan dengan dari Bangladesh tentang pembagian air, perdagangan, dan masalah perbatasan.

“Tentu saja masalah pengungsi Rohingya akan muncul selama kunjungan menteri India,” kata seorang pejabat senior yang enggan disebutkan namanya.

Bulan lalu, penjaga pantai India menyelamatkan 81 Rohingya. Kapal mereka hanyut di Laut Andaman selama lebih dari dua pekan usai meninggalkan Bangladesh. Delapan orang di kapal tersebut meninggal karena dehidrasi.

Kini, nasib para pengungsi masih belum jelas. Sebab, sejauh ini India tidak mengizinkan mereka masuk ke wilayahnya dan ingin Bangladesh menerima mereka kembali. Namun, Menteri Luar Negeri Bangladesh, AK Abdul Momen pada pekan lalu mengatakan pemerintahnya mengharapkan India, negara terdekat, atau Myanmar untuk menerima 81 orang itu.

Beberapa pekan terakhir, India telah memberikan dua juta dosis vaksin Covid-19 ke Bangladesh. Tindakan tersebut guna menekankan agar Dhaka menerima para pengungsi. Modi akan mengunjungi Dhaka sebagai bagian dari perayaan 50 tahun kemerdekaan Bangladesh pada akhir bulan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement