Reaksi Muslim London Atas Terpilihnya Kembali Sadiq Khan

Selasa , 11 May 2021, 14:00 WIB Reporter :Meiliza Laveda/ Redaktur : Esthi Maharani
Sadiq Khan, muslim yang menjadi Wali Kota London.
Sadiq Khan, muslim yang menjadi Wali Kota London.

IHRAM.CO.ID, LONDON – Sadiq Khan, Wali Kota London, Inggris memenangkan masa jabatan keduanya setelah memperoleh suara terbesar dalam pemilihan wali kota selama 17 tahun terakhir. “Saya sangat tersanjung dengan kepercayaan yang diberikan warga London kepada saya untuk terus memimpin,” kata Khan.

 

Terkait

Melihat terpilihnya Khan untuk kedua kali, beberapa Muslim Inggris memberikan reaksinya. Contohnya, Farah mengatakan selama Khan terpilih lagi tidak ada yang berbeda. Sementara itu, Shamsuddin menyebut berita keberhasilan pemilihan periode kedua Sadiq Khan sangat menggembirakan dan disambut baik.

“Ini menunjukkan warga London cukup puas dengan penampilannya terutama saat menangani pandemi Covid-19,” kata Shamsuddin. Warga lain, Aamna juga sependapat. Menurut dia, Khan merupakan kandidat terbaik dan mengetahui masalah London sangat detail.

“Saya sangat senang dan lega bahwa Sadiq Khan menang! Dia berbicara untuk London yang multikultural dan bersatu. Di atas segalanya, dia asli dan tidak dianggap korup,” kata Noreen.

Namun, selain mendapat pujian dan sanjungan, Khan tidak bisa terlepas dari kritikan. Beberapa Muslim mengkritik atas terpilihnya lagi Khan. Contohnya, Husna yang mengatakan Khan bukan wali kota yang sempurna dan tidak ada seorang pun yang bisa menjadi sempurna.

Kemudian Humaira yang berpendapat Khan bukan wali kota yang baik. “Walaupun bukan wali kota baik, perannya benar-benar besar. Saya punya masalah yang lebih besar sekarang dengan keadaan politik. Kami benar-benar hidup pada tahun 1936 dan tidak ada oposisi terpadu untuk mencegah hal itu terjadi lagi,” ujar dia.

Dilansir About Islam, Selasa (11/5), lawan Khan, Shaun Bailey mengklaim Khan akan menaikkan pajak. Akan tetapi, kabar itu segera dikoreksi dari banyak situs pemeriksaan fakta. Meski begitu, Khan mendapat keunggulan 10,5 persen di atas Bailey dan suara tertinggi kedua yang pernah didapat wali kota London selama pemilihan.

Atas terpilihnya lagi, Khan berterima kasih kepada istri dan keluarganya yang selalu mendukungnya. “Saya ingin berbicara langsung dengan setiap warga London yang tidak memilih saya pekan ini, saya tidak akan pernah mengabaikan suara Anda, kekhawatiran Anda. Saya akan selalu menjadi wali kota bagi semua warga London yang bekerja untuk meningkatkan kehidupan setiap orang di kota ini,” ucap dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini