Jumat 21 May 2021 19:15 WIB

Peneliti Temukan Jenis Baru Virus Corona

Jenis baru virus corona yang diyakini peneliti berasal dari anjing

Ilustrasi virus corona.
Foto: Pixabay
Ilustrasi virus corona.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Jurnal Clinical Infectious Diseases menerbitkan laporan mengejutkan. Dalam laporan tersebut diketahui jenis baru virus corona yang diyakini berasal dari anjing muncul di antara pasien yang dirawat di rumah sakit karena pneumonia pada 2017-2018.

Temuan ini mungkin menjadi virus corona asing kedelapan yang diketahui menyebabkan penyakit pada manusia jika dipastikan sebagai patogen. Para ilmuwan riset mengatakan temuan mereka menggarisbawahi ancaman kesehatan masyarakat dari virus corona hewan.

Baca Juga

Menurutnya, mereka telah menguji sampel tes hidung yang diambil dari 301 pasien pneumonia di rumah sakit di Sarawak, Malaysia timur.  Delapan dari sampel, kebanyakan dari anak-anak berusia di bawah 5 tahun, kembali positif terinfeksi virus corona anjing.

Urutan genom lebih lanjut menemukan bahwa jenis baru, bernama CCoV-HuPn-2018, mempunyai karakteristik serupa dari virus corona lain yang diketahui telah menginfeksi kucing dan babi, namun sebagian besar serupa dengan yang diketahui telah menginfeksi anjing.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement