Rabu 07 Jul 2021 18:15 WIB

KSSK Gelar Kompetisi Robotik Madrasah Tingkat Nasional

KSSK kembali menggelar kompetisi robotik madrasah tingkat nasional ke-7.

Pelajar Masrasah (ilustrasi(
Foto: Republika/Agung Supri
Pelajar Masrasah (ilustrasi(

IHRAM.CO.ID, JAKARTA --Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum, Sarana dan Prasarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) kembali menggelar kompetisi robotik madrasah tingkat nasional ke-7 yang akan digelar secara daring dan luring pada Oktober 2021.

"Tingginya antusiasme siswa untuk mengenal dan mempelajari teknologi robotika dan otomasi, namun wadah untuk menyalurkan kreativitas itu masih terbatas, maka kami mewadahinya," kata DirjenPendidikan Islam ((Pendis) Kemenag M. Ali Ramdhani dalam keterangan pers yang dipantau secara daring di Jakarta, Rabu (6/7).

Ia mengatakan kompetisi robotik ini akan semakin mengasah siswa madrasah di berbagai tingkatan dalam menumbuhkan kreativitas dan imajinasinya bagi kebermanfaatan teknologi terutama menghadapi era industri 4.0.

Di sisi lain, kompetisi robotik ini juga bakal memperkuat paradigma madrasah yang tidak hanya unggul dari segi pengetahuan keagamaan, juga kemampuan di bidang teknologi robotik dan "coding".

"Jadi siswa dapat meningkatkan peran dan kebermanfaatan teknologi dalam mengisi ruang society 4.0. Siswa madrasah menunjukkan bahwa dirinya bagian dari masyarakat global. Teknologi robotika memiliki peranan penting, jadi ketika robotika menjadi bagian hidup, maka kita tak tertinggal dan justru memberi warna lain," katanya.

Dalam penyelenggaraan ke-7 ini, Kemenag mengambil tema Robots for Global Pandemic sebagai respon atas situasi yang terjadi dewasa ini. Ada empat tema turunan yang diuji yakni robot peduli kesehatan, robot peduli sosial, robot untuk ketahanan hidup, dan robot untuk pemulihan ekonomi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement